Fenomena Supermoon
Fenomena ini dapat memberikan pemandangan langit yang sangat indah. Pada tanggal 14 Maret 2023, pengamat langit di seluruh dunia telah menyaksikan sebuah peristiwa astronomi langka yaitu gerhana matahari total. Selama gerhana matahari total, bulan melintas di antara matahari dan bumi, menciptakan bayangan menakjubkan pada permukaan bumi.
Bagi mereka yang beruntung berada di jalur totalitas, matahari akan sepenuhnya tertutup oleh bulan, mengungkapkan korona matahari dan menciptakan pemandangan langit yang sangat indah. Gerhana matahari total adalah peristiwa yang jarang terjadi, hanya terjadi sekitar sekali setiap 18 bulan di suatu tempat di belahan bumi. Namun, tidak semua lokasi di bumi dapat melihat gerhana matahari total. Jalur totalitas untuk gerhana pada tanggal 14 Maret melewati sebaris daratan sempit yang membentang dari Samudra Pasifik, melintasi bagian barat Amerika Serikat, dan berakhir di Samudra Atlantik. Di luar jalur ini, penonton akan melihat gerhana parsial, di mana hanya sebagian kecil matahari yang terselubung oleh bulan.
Jalur totalitas untuk gerhana matahari pada tanggal 14 Maret dimulai di Samudra Pasifik, di sebelah timur Selandia Baru, sekitar pukul 4:00 sore waktu Timur (ET) pada tanggal 13 Maret 2023. Kemudian, gerhana akan bergerak ke arah timur melintasi Samudra Pasifik, melewati sebagian Australia dan Selandia Baru sebelum mencapai ujung selatan Amerika Selatan. Sehingga, pada tanggal 14 Maret 2023 terjadi gerhana matahari total yang dapat diamati di sebagian wilayah di Amerika Selatan, Afrika, dan Eropa. Gerhana ini dimulai di Samudra Pasifik, kemudian bergerak ke timur laut melintasi Samudra Atlantik, melewati bagian-bagian Afrika, dan berakhir sekitar pukul 18.00 waktu setempat.
Bagi yang berada di jalur totalitas gerhana matahari, tentunya mengalami pengalaman yang sangat mengagumkan. Selama beberapa menit totalitas, langit akan menjadi gelap, suhu mungkin turun secara signifikan, dan hewan-hewan bisa berperilaku tidak biasa, mengira bahwa malam telah tiba. Korona matahari, yaitu atmosfer luar matahari, akan terlihat sebagai kilauan yang lembut dan mistis di sekeliling matahari yang terhalangi. Ini adalah kesempatan langka untuk menyaksikan salah satu fenomena alam yang paling indah di dunia.
Namun, sangat penting untuk mematuhi tindakan keamanan saat melihat gerhana matahari. Melihat langsung matahari dapat menyebabkan kerusakan mata secara permanen bahkan dalam kasus parah dapat mengalami resiko kebutaan. Satu-satunya cara yang aman untuk melihat gerhana matahari adalah dengan menggunakan filter surya khusus atau perangkat pemantau, seperti kacamata gerhana atau binokular surya. Filter ini memblokir sebagian besar sinar berbahaya matahari, sehingga Anda dapat dengan aman melihat gerhana tanpa merusak mata Anda.
Selain menjadi spektakel yang menakjubkan, gerhana matahari juga memainkan peran penting dalam penemuan ilmiah. Dengan mempelajari korona matahari selama gerhana matahari total, para ilmuwan telah dapat mempelajari lebih banyak tentang medan magnetik matahari dan struktur atmosfer luarannya. Bahkan, penemuan helium dikreditkan pada observasi yang dilakukan selama gerhana matahari total pada tahun 1868.