Usia Kucing
Oleh karena itu, beberapa pemilik kucing kesulitan menerima kondisi penuaan pada kucing mereka dan mungkin akan membuangnya. Namun, penting untuk memahami bagaimana usia kucing diterjemahkan ke usia manusia.
Menurut tabel perbandingan usia untuk kucing dan manusia, kucing yang berusia satu tahun setara dengan manusia berusia lima belas tahun. Setelah kucing mencapai usia sepuluh tahun, mereka mulai masuk ke dalam usia tua secara perlahan-lahan, dan kucing yang bisa hidup hingga usia enam belas tahun dianggap sebagai kucing dengan masa hidup yang lama.
Kucing tidak dianggap dewasa sampai usia satu tahun, dan periode kritis dalam merawat mereka adalah sebelum usia ini. Pemilik harus mulai merawat kucing ketika mereka berusia dua bulan, yang lebih kondusif untuk membina hubungan yang kuat dengan mereka. Kucing saat di usia dua dan tujuh tahun berada di masa emas mereka, dimana ini merupakan periode kucing memiliki rasa penasaran yag cukup tinggi tentang hal-hal baru. Pemilik hewan peliharaan dapat secara teratur mengganti beberapa mainan mereka untuk memuaskan rasa keingintahuan mereka.
Kucing juga lebih aktif selama periode ini dan kadang-kadang dapat berperilaku buruk. Pemilik harus mengajari mereka dengan sabar dan menghindari pemukulan atau gertakan ringan untuk menjamin kesehatan mental mereka. Pemilik harus menghabiskan sekitar 20 menit sehari berinteraksi dengan kucing mereka. Kucing secara umum memasuki usia tua pada usia delapan hingga sembilan tahun dan mengalami perubahan signifikan selama tahap ini. Tubuh mereka menjadi kurang fleksibel, dan mereka menjadi kurang aktif serta lebih bersikap dewasa dan stabil.
Pada masa kucing muda, kucing akan sangat aktif, hidup dan penuh rasa ingin tahu yang kuat pada segala sesuatu. Setelah masuk usia tengah, mereka akan menjadi lebih dewasa dan stabil serta jarang menimbulkan kerusakan. Ketika memasuki usia lanjut, waktu tidur kucing meningkat, tetapi mereka menikmati tidur bersama pemiliknya dan menghargai waktu yang dihabiskan bersama mereka.
Kucing berbulu panjang biasanya hidup sedikit lebih lama daripada kucing berbulu pendek, dan kucing dalam ruangan hidup lebih lama daripada kucing di luar ruangan. Kucing jantan juga cenderung hidup lebih lama daripada kucing betina. Banyak faktor yang dapat memengaruhi umur hidup kucing, termasuk kondisi pemberian makanan. Kucing yang diberi makan dengan baik dan diberikan makanan yang bergizi kemungkinan akan hidup lebih lama. Kucing liar, di sisi lain, memiliki masa hidup yang lebih pendek sekitar tiga hingga lima tahun. Alasan kematian prematur mereka termasuk ketersediaan makanan yang tidak mencukupi, penyakit, kecelakaan mobil, dan perburuan liar oleh manusia.
Dengan kemajuan sistem medis hewan peliharaan dalam masyarakat modern, lebih banyak pemilik yang mengadopsi metode pemberian makanan ilmiah dan memberikan perawatan yang dibutuhkan kucing untuk dapat hidup lebih lama dan sehat. Kucing peliharaan umumnya dapat hidup 15 tahun atau lebih, dan beberapa kucing telah didokumentasikan dapat hidup sampai usia 20-an.
Secara keseluruhan, penting untuk pemilik dapat memahami bagaimana usia kucing diterjemahkan ke dalam tahun manusia dan tahap-tahap berbeda dalam periode masa hidupnya. Dengan memberikan perawatan dan perhatian yang tepat, pemilik dapat membantu kucing mereka hidup lama dan sehat.