Gurun Timur Tengah
Gurun sangatlah luas, dimana memiliki daerah tandus yang ditandai dengan pasir, sedikit tanaman, sedikit curah hujan, dan udaranya yang kering. Mereka biasanya berupa bentang alam aeolian dengan bukit pasir, dan bebatuan yang sering muncul di bawah pasir.
Beberapa gurun adalah dataran garam tanpa vegetasi sama sekali. Sebagian besar gurun tidak ramah bagi makhluk hidup, selain itu, tempat ini terdapat kandungan mineral berharga, dan banyak kandungan minyak telah ditemukan di zaman modern.
Gurun ditentukan oleh seberapa kering suatu daerah, dan bukan diukur dari suhunya. Ahli geologi mengidentifikasi gurun dingin di mana suhu biasanya turun di bawah 20°C dan gurun panas di mana suhu sering melebihi 35°C atau bahkan 58°C. Area seperti itu mencakup sekitar 25% dari permukaan tanah bumi. Selain itu, gurun tidak memiliki sungai permanen, ini disebabkan karena sebagian besar wilayahnya yang sangat kering, sehingga kekurangan air.
Timur Tengah adalah salah satu daerah terkering secara global dengan padang pasir yang cukup luas. Berikut pengenalan beberapa gurun terkenal di Timur Tengah:
1. Gurun Sahara
Gurun Sahara adalah gurun pasir terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 9,32 juta kilometer persegi dan dibentuk sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Gurun sahara terletak di Afrika utara dengan kondisi iklim yang sangat keras, dan merupakan salah satu tempat paling tidak ramah di dunia bagi makhluk hidup.
2. Gurun Arab
Gurun Arab adalah gurun terbesar di Timur Tengah yang terletak di Semenanjung Arab dan memiliki luas sebesar lebih dari 2 juta kilometer persegi. Iklim di sini sangat panas dengan suhu tinggi sepanjang tahun, sehingga menjadikannya salah satu kawasan paling tidak ramah di dunia.
3. Gurun Kawadh
Gurun Kawad adalah gurun kawah terbesar di Timur Tengah yang terletak di tenggara Iran dengan luas sebesar lebih dari 51.000 kilometer persegi. Iklim di sini sangatlah keras dengan suhu musim panas mencapai 70°C atau lebih tinggi.
4. Gurun Laut Kony
Gurun Laut Kony terletak di barat daya Pakistan dan gurun ini adalah salah satu gurun terkecil di Timur Tengah yang memiliki luas sekitar 20.000 kilometer persegi. Iklim di sini sangatlah kering dimana suhu di musim panas bisa mencapai 50°C.
5. Gurun Badland
Gurun Badran terletak di Tiongkok barat laut berdekatan dengan Timur Tengah, yang memilik luas lebih dari 49.000 kilometer persegi. Ini adalah salah satu gurun pasir terbesar di Tiongkok dan terkenal dengan lanskap "banyak ngarai" yang unik.
6. Gurun Irak
Gurun Irak terletak di Irak timur dan Arab Saudi barat yang meliputi area seluas sekitar 36.000 kilometer persegi. Iklim di sini sangat kering, dan suhu di musim panas bisa mencapai 50°C.
Setiap wilayah gurun ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri, beberapa diantaranya terkenal dengan suhu dan kekeringannya yang tinggi, dan beberapa ada juga yang terkenal dengan bentang alamnya yang berbeda, seperti gurun cekungan dan gurun kawah. Dalam hal geografi, iklim, dan budaya, gurun pasir ini merupakan sumber daya alam yang unik di Timur Tengah yang patut ditelusuri dan dipelajari.
Perlu dicatat bahwa wilayah gurun tidak hanya tidak ramah tetapi juga memiliki ekosistem yang rapuh, dan ini sangat membutuhkan pelestarian. Aktivitas manusia, seperti penggembalaan yang berlebihan, kegiatan off-road, dan pengeboran minyak, tentunya telah menyebabkan penggurunan, mengurangi sumber daya yang sudah langka untuk satwa liar dan tumbuhan gurun. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk melindungi keindahan dan sumber daya alam yang sudah langka ini, untuk keberlangsungan mahluk hidup di wilayah gurun.