Jembatan Penyeberangan
Sejak zaman kuno jembatan adalah jalan untuk menghubungkan bebagai tempat, tetapi juga merupakan saksi penciptaan sebuah teknologi modern dalam sejarah manusia. Sekarang, terdapat banyak jembatan top di dunia.
Tidak peduli desain atau penggunaannya, karena setiap jembatan akan memiliki arti yang berbeda. Berikut beberapa jembatan lintas lautan yang terkenal di dunia.
1. Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao
Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao adalah jembatan mega lintas laut yang menghubungkan Hong Kong, Zhuhai, dan Makau dengan total panjang 49.968 kilometer. Bagian laut dari jembatan ini memiliki panjang 42 kilometer, sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari sepuluh jembatan lintas laut terpanjang di dunia. Jembatan Hong Kong-Zhuhai-Macao adalah bagian dari Jalan Tol Lingkar Delta Sungai Mutiara G94 dan dibangun dengan standar jalan tol enam jalur dengan kecepatan 100 km/jam. Biaya seluruh jembatan lebih dari 72 miliar RMB, dan pembangunannya secara resmi dimulai pada 15 Desember 2009. Setelah selesai, jembatan ini akan menjadi jembatan lintas laut terpanjang di dunia. Menurut standar Hong Kong, mengatakan bahwa umur desain HZMB adalah 120 tahun yang berarti akan dapat sepenuhnya memenuhi fungsi penggunaannya hingga 120 tahun mendatang, dan jembatan ini juga akan tahan terhadap gempa berkekuatan 8 dan topan berkekuatan 16.
2. Jembatan Teluk Qingdao
Jembatan Teluk Qingdao terletak di Kota Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok dengan total panjang 41,58 kilometer, dan merupakan peringkat kedua di antara sepuluh jembatan lintas laut terpanjang di dunia. Jembatan Teluk Qingdao mulai dibangun pada 26 Desember 2006 dengan total investasi hampir 10 miliar RMB, dan dibuka untuk lalu lintas umum pada 30 Juni 2011. Pembangunan Jembatan Teluk Qingdao telah menghubungkan Qingdao, Hong dan Huangdao secara bersama-sama, sehingga tentunya memperpendek jarak perjalanan darat dari Qingdao ke Huangdao dengan total hampir 30 kilometer. Pada 4 Juni 2013, jembatan tersebut menerima Penghargaan George Richardson pada Konferensi Jembatan Internasional ke-30 di Pittsburgh, "Kota Jembatan" Amerika Serikat. Pada September 2011, jembatan ini dinobatkan sebagai "Jembatan Terbaik Dunia" oleh Forbes.
3. Jembatan Teluk Hangzhou
Jembatan Teluk Hangzhou dengan panjang 36 kilometer adalah jembatan penyeberangan laut terpanjang di dunia saat selesai dibangun pada tahun 2008 dengan biaya 1,7 miliar RMB. Lokasi jembatan berada pada salah satu dari tiga teluk pasang surut terkuat di dunia, yang membuat proses konstruksinya menjadi tantangan besar. Meskipun mengalami kesulitan, dengan perkembangan teknologi yang semakin maju telah berhasil membuat jembatan ini dibuka untuk lalu lintas umum pada tanggal 1 Mei 2008.
4. Jembatan Teluk Chesapeake, AS
Jembatan Teluk Chesapeake, terletak di Maryland, AS memiliki panjang sekitar 37 kilometer dan pertama kali diusulkan oleh badan legislatif negara bagian pada tahun 1938. Jembatan Teluk Chesapeake memiliki 5 jalur yang menghubungkan pantai timur dan barat serta merupakan komponen penting dari Jalan Raya AS 50 dan 301. Jembatan itu diperluas pada tahun 1973 karena peningkatan terhadap jumlah kendaraan lalu lintas. Banyak wisatawan yang datang berkunjung dan menyebabkan lalu lintas menjadi sangat padat, sehingga menjadikannya daerah dengan kemacetan lalu lintas yang parah. Meskipun ada beberapa kontroversi mengenai data jembatan tersebut, masing-masing jembatan lintas laut ini memiliki keunggulan karena letak geografis, teknologi konstruksi, dan faktor lain yang mempengaruhinya.
Jembatan penyeberangan laut kelas dunia ini telah berkontribusi dalam meningkatkan kemajuan infrastruktur transportasi dan telah menjadi tonggak pencapaian manusia. Mereka berfungsi sebagai inspirasi bagi para insinyur dan arsitek di seluruh dunia. Jadi, mari beri penghormatan kepada orang-orang yang telah berhasil membangun jembatan penyeberangan laut kelas dunia ini!