Berbagai Kuliner Malaysia
Malaysia memiliki berbagai hidangan kuliner yang beragam, membuat Anda yang mungkin akan berlibur ke Malaysia akan kebingungan dalam memilih menu makanan. Ehh jangan kawatir, karena artikel ini akan membantu Anda dalam memilih berbagai menu kuliner lezat di Malaysia.
1. Roti Canai
Terinspirasi dari pancake India, roti canai terdiri dari tepung, mentega, dan air, beberapa di antaranya dicampur dengan susu untuk memberinya rasa sedikit lebih manis. Roti ini datar dan berlapis-lapis, dan ketika digoreng di atas wajan, roti menjadi lembut dan lezat, dengan lapisan luar yang renyah! Ini bisa dimakan tanpa tambahan apa pun atau hidangan ini juga dapat dicelupkan ke dalam kuah kari.
2. Mi Malay
Mi rebus Malaysia telah mengembangkan beberapa mie spesial berdasarkan mie Tionghoa tradisional, salah satunya adalah mi goreng Malay. Untuk membuat hidangan mi ini, bahan mi kuning yang diputihkan akan direndam dalam kaldu kentang kari dengan rempah-rempah serai dan jahe. Hidangan ini mirip dengan tumis Malay, dengan udang, daging kambing, dan ikan kecil ditambahkan ke dalam mi, serta lauk pendamping seperti lemon, kecambah, dan telur dadar.
3. Sup Kari Gulai Ayam Kampung
Sup ayam kari dapat disiapkan dengan banyak cara yang berbeda, seperti gaya rumahan, tradisional rempah-rempah, dan kentang. Apa yang membuat sup ayam kari begitu enak adalah rasanya. Bubuk kunyit, daun jeruk Thai, dan serai memberikan aroma pada sup ayam kari, sedangkan gula kelapa dan santan menambah sentuhan terakhir.
4. Ikan Bakar
Ikan bakar adalah hidangan makanan laut panggang yang lezat, di mana ikan direndam dalam saus sambal yang sangat penting, kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang di atas api. Ini adalah hidangan yang bagus untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman.
5. Ayam Curry Kapitan
Hidangan ini bukanlah ayam curry biasa, melainkan hidangan Nyonya kaya dengan bahan-bahan seperti jus asam jawa, kemiri, bubuk kunyit, dan pasta udang. Nama "Kapitan" berasal dari seorang kepala India atau Tionghoa yang tinggal di Penang dan dikatakan telah bertanya pada koki-nya suatu hari, "Apa makan malam kita hari ini?" Sang koki menjawab, "Ayam curry, Kapitan!" Dan begitulah hidangan ayam curry Kapitan lahir.
6. Nasi Kandar
Nasi kandar adalah nasi dengan berbagai pilihan topping, biasanya termasuk kari, ikan, telur, okra, dan lain-lain. Semua disajikan seperti prasmanan; Anda bisa memesan sebanyak atau sesedikit yang Anda inginkan, dengan cara yang sangat bebas.
7. Char Kway Teow
Char Kway Teow sangat populer di Malaysia dan tersedia di seluruh negeri dalam 24 jam. Ini adalah sejenis kway teow lebar yang digoreng dengan minyak hitam manis, kecambah, fish cake, telur, dan kerang. Terdengar sederhana, tapi sebenarnya tidak. Saat menggoreng Kway Teow, setiap detik harus dikendalikan dengan benar, terutama dalam pengaturan suhu, untuk menciptakan hidangan yang penuh warna, aroma, dan rasa. Bagi mereka yang suka pedas, mintalah saus cabai untuk ditambahkan ke tumisannya, kemudian rasa manis dan asin dengan sentuhan pedas untuk menciptakan rasa yang lezat.