Mesin Pemanen Gandum
Mesin pemanen adalah sebuah mesin yang terintegrasi untuk memanen, mengirik, dan memusatkan biji-bijian di tempat penyimpanan, sebelum dibawa oleh kendaraan pengangkut melalui ban berjalan.
Proses pemanenan juga dapat dilakuakan dengan cara manual.
Proses ini dapat dilakukan dengan cara menyebarkan jerami padi, gandum, dan tanaman lainnya di ladang, lalu menggunakan mesin pemanen gabah untuk mengambil dan mengirik tanah. Mesin pemanen tanaman digunakan untuk memanen biji-bijian dan jerami tanaman serealia seperti beras dan gandum. Berikut beberapa jenis mesin yang termasuk sebagai mesin pemanen, seperti mesin pemotong sinar matahari, mesin bundling, mesin pemanen gabungan biji-bijian, dan mesin perontok biji-bijian.
Mesin pemanen gabah dikembangkan berdasarkan semua jenis alat pemanen dan perontokan, serta memiliki karakteristik efisiensi kerja yang tinggi dan mobilitas yang kuat, yang berperan penting dalam mengurangi intensitas tenaga kerja petani dan mendorong peningkatan produksi dan pendapatan. Mereka semakin disukai dan diandalkan oleh para petani dalam produksi pertanian.
Otomatisasi dan bahkan intelektualisasi di masa depan adalah semua jenis sistem operasi dan kontrol dari pemanen gabungan. Dengan memanfaatkan teknologi elektronik dan teknologi informasi. Pemanen gabungan dapat mewujudkan penyesuaian yang tepat, kontrol tepat waktu, pengoperasian otomatis, pemantauan elektronik, dan kompensasi otomatis, untuk meningkatkan akurasi, kualitas, dan efisiensi pengoperasian mekanis secara signifikan, hingga pengoperasian tanpa awak terwujud, sehingga pemanen gabungan dapat dioptimalkan.
Hal ini dapat meningkatkan kinerja teknis dan kualitas operasi mesin pemanen gabungan, mengurangi intensitas tenaga kerja manipulator, dan meningkatkan efisiensi produksi dan manfaat ekonomi. Bidang elektronik utama adalah model sistem, sistem satu daya, sistem pemrosesan informasi multi-saluran, sistem radar kendali jarak pendek, dan diagnosis mandiri kesalahan. Terdapat beberapa jenis mesin pemanen, seperti:
1. Jenis ransel.
Struktur penggerak poros lunak mirip dengan mesin pemotong dan irigasi yang dipasang di samping, hanya saja mesin dibawa di belakang operator, bagian pemotongan digerakkan oleh poros lunak, dan tenaga mesin umumnya 0,75 hingga 1,2 kilowatt.
Mesin dan rangka belakang dihubungkan oleh dua titik dan dilengkapi dengan bagian karet khusus untuk isolasi getaran. Poros fleksibel adalah kawat baja yang dipasang di selang untuk mentransfer torsi. Selang adalah pipa berulir yang dibungkus dengan jalinan logam yang dilapisi dengan penutup karet untuk mencegah masuknya debu ke dalam poros dan menjaga minyak pelumas pada permukaan poros. Lebar pemotongan umumnya antara 1,5 dan 2 meter.
2. Tipe genggam.
Berat mesin ditopang oleh roda berjalan, mesin digerakkan oleh manusia, dan bagian-bagian kerja digerakkan oleh mesin untuk operasi pemotongan dan pengairan. Struktur dan prinsip kerjanya mirip dengan mesin pemotong dan irigasi portabel. Pemanen yang ditangguhkan digantung di belakang traktor dan digerakkan oleh poros keluaran daya untuk memutar bagian-bagian yang bekerja, yang cocok untuk operasi pemotongan dan irigasi di area yang luas.
Hal ini terutama terdiri dari rangka, mata gergaji, perangkat transmisi, perangkat suspensi dan pelat dorong, dll. Selama operasi pemotongan dan irigasi, traktor melaju mundur dengan kecepatan 5 km/jam dan dapat melihat semak dengan diameter 10 cm.
3. Tipe horisontal.
Model utilitas terdiri dari roda pemetik, sabuk konveyor kanvas depan dan belakang, pembagi, pemotong dan perangkat transmisi, dll. Selama pengoperasian, dengan kerja sama pelat penekan roda pemetik Pemotong bolak-balik memotong hasil panen dan menariknya kembali ke sabuk konveyor kanvas, yang kemudian mengirimkan hasil panen ke sisi kiri mesin. Karena ban berjalan belakang lebih panjang dari ban berjalan di depan, maka bagian kepala telinga kemudian jatuh ke tanah, dan jerami yang sudah dibuang diletakkan di atas tanah menjadi strip rapi dengan sudut deviasi searah mesin sehingga akan lebih mudah untuk memilih dan membundel secara manual.