Mengenal Burung Perenjak
Burung ciblek atau juga bernama perenjak cokelat adalah jenis burung pengicau
Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga keci dan memiliki habitat di padang ilalang, semak, tersebar sampai ketinggain 1.500 m dpl.
Perenjak coklat memiliki tubuh benar ukuran lebih kurang akbar (15 cm). Ekor panjang. Tubuh bagian atas coklat, sedikit bercoret atau berbintik. Ekor coklat dengan ujung putih kecil. Alis mata keputihan tidak mencolok. Tubuh bagian bawah kuning tua. Lebih putih pada kerongkongan. Dada abu-abu. Sisi tubuh dan paha coklat.
Habitat utama burung ciblek adalah daerah semak atau tempat terbuka seperti pekarangan , tepi sawah, hutan sekunder dan hutan bakau. Burung pemakan serangga kecil ini juga sering ditemui di perkebunan teh.
Seperti burung pengicau lainnya, makanan utama burung ciblek adalah serangga kecil, seperti jangkrik, ulat, kroto, lalat belalang, dan capung. Burung ciblek akan berburu makanan di permukaan tanah hingga ke tajuk pepohonan. Saat dipelihara dalam kandang. biasanya mereka diberi pakan berupa voer atau pisang.
Burung ini mudah stress dan mati jika dipelihara dengan cara yang salah. Faktor penyebabnya biasanya adalah orang yang memeliharanya kurang berpengalaman. Namun masalah ini tak menyurutkan minat para pemburu burung. Hingga saat ini, burung ciblek masih banyak ditangkap meskipun tak mudah untuk dikembangbiakkan atau dibudidayakan.
Demikianlah informasi mengenai burung ciblek atau perenjak cokelat. Semoga bermanfaat!