Ras Kucing Berbulu Lebat
Kucing dengan bulu pendek memang mudah perawatannya. Namun kucing yang memiliki bulu lebat sering kali membuat kita jatuh cinta.
Jenis kucing berbulu panjang yang umum ditemui adalah persia. Namun ternyata, masih banyak jenis kucing lainnya yang juga punya bulu lebat dan panjang. Berikut ini beberapa jenis ras kucing berbulu lebat:
Kucing Hutan Norwegia
Kucing ini memiliki bulu ganda dan akan rontok pada musim semi dan gugur. Mereka akan tumbuh dewasa pada usia lima tahun. Kucing Hutan Norwegia sangat suka menjelajahi pohon dan pohon kucing. Mereka dapat berbobot 7 kg, menjadikannya salah satu ras kucing berbulu yang besar.
Birman
Birman juga memiliki bulu yang lebat walaupun tidak setebal Persia.  Seperti Ragdoll, Birman juga tidak memiliki undercoat sehingga bulu mereka sangatlah halus. Ciri khas dari Birman adalah warna gelap pada wajah, telinga, dan ujung kaki. Uniknya, ternyata warna tersebut baru muncul ketika mereka beranjak dewasa. Ketika masih kecil, bulu Birman justru terlihat putih bersih.
Ragdoll
Kucing berukuran sedang ini cenderung punya bulu yang panjang dan halus seperti sutra. Kucing ini punya sifat yang penyayang, pintar, dan suka bermain. Mereka juga merasa nyaman kalau digendong dan dipegang. Hal ini menjadikan mereka hewan peliharaan yang cocok untuk keluarga dengan anak-anak.
persia
Kucing Persia hadir dalam berbagai warna, tidak hanya putih. Beberapa berwarna lain seperti, oranye dan berwarna abu-abu, atau warna campuran. Namun, kucing Persia stereotip berwarna putih. Mereka dikenal memiliki hidung dan wajah yang lebih pendek. Perilakunya yang cenderung tenang membuat kucing ini cocok dipelihara di tengah keluarga.
Turkish Angora
Siapa yang gak kenal dengan kucing satu ini? Angora adalah salah satu kucing yang sangat populer di Indonesia, terutama karena bulunya yang panjang dan tebal. Mereka juga memiliki kepribadian yang kalem dan tenang sehingga cocok untuk dipelihara oleh keluarga. Namun kamu harus memberikan perawatan ekstra untuk mereka, ya. Sebab bulu Angora sering kali menggumpal jika tidak rajin dibersihkan. Namun sering-sering menyikatnya juga tidak baik karena menyebabkan kerontokan. 
Ragamuffin
Ragamuffin adalah ras kucing yang dihasilkan dari persilangan antara Ragdoll, Persia, Himalayan, dan ras kucing lain dengan bulu panjang. Hasilnya, Ragamuffin mewarisi bulu lebat dan tebal khas induk-induknya. Tak seperti ras lain, bulu Ragamuffin lebat di semua bagian. Mulai dari leher, tubuh, kaki, hingga ekornya. Kucing ini sangat pas untuk dipelihara karena mereka memiliki sifat yang ramah, suka bermain, dan suka dielus-elus.
Nah, itulah jenis ras kucing yang punya bulu panjang dan lebat. Semoga bermanfaat!