Fakta Unik Kupu-Kupu
Keindahan kupu-kupu begitu menyejukkan mata dan membuat kebun semakin indah.
Kupu-kupu adalah salah satu hewan serangga yang dikenal karena coraknya yang indah serta kemampuannya dalam membatu proses penyerbukan pada tanaman bunga. Dari yang cantik biru kecil sampai yang berukuran besar dengan berbagai corak, kupu-kupu penuh warna adalah "bunga terbang" alami.
Berikut ini fakta menarik tentang kupu-kupu:
Mencicipi dengan kaki
Reseptor rasa yang terdapat pada kaki kupu-kupu dapat membantunya menemukan tanaman inang dan melacak makanannya. Seekor kupu-kupu betina akan mendarat di berbagai tanaman yang berbeda, menggoyangkan dedaunan yang terdapat pada tanaman menggunakan kakinya. Jaringan di belakang kaki kupu-kupu memiliki chemoreceptors yang dapat mendeteksi pasangan kimia yang cocok, dan jika cocok makan tanaman tersebut akan menjadi tempatnya untuk bertelur.
Sayap kupu-kupu itu transparan
Sayap kupu-kupu sebenarnya terbentuk dari lapisan-lapisan chitin, sebuah protein yang membentuk eksoskeleton serangga. Lapisan-lapisan ini saking tipisnya kamu bisa melihat menembusnya. Ribuan sisik kecil menyelimuti chitin transparan ini dan sisik-sisik ini memantulkan cahaya dalam warna-warna berbeda. Seiring kupu-kupu bertambah usia, ia akan memunculkan titik transparan di mana lapisan chitin-nya akan terekspos. Jadi makin tua kupu-kupu, sayapnya akan makin nampak transparannya.
Kupu-kupu minum dari butiran lumpur
Seekor kupu-kupu gak bisa hanya hidup dari gula; ia juga butuh mineral. Untuk menyuplemen pola makan nektarnya, seekor kupu-kupu akan beberapa kali menyedot butiran lumpur, yang kaya akan mineral dan garam. Kebiasaan yang disebut sebagai puddling ini, cenderung lebih sering terlihat pada kupu-kupu jantan, karena mereka lebih membutuhkan mineral untuk spermanya. Nutrisi-nutrisi ini kemudian ditransfer ke betina saat kawin yang meningkatkan ketahanan telur-telurnya.
Kupu-kupu gak bisa terbang kalau mereka kedingingan
Kupu-kupu perlu temperatur tubuh ideal sekitar 30ºC untuk terbang. Mengingat mereka hewan berdarah dingin, mereka gak bisa mengontrol temperatur tubuh mereka sendiri. Temperatur udara di sekelilingnya punya dampak besar pada kemampuan tubuh mereka untuk berfungsi.
Jika temperatur udara jatuh di bawah 13ºC, kupu-kupu gak bisa bergerak, gak bisa kabur dari predator juga. Ketika temperatur udara berkisar di 28º-38ºC, kupu-kupu bisa terbang dengan mudahnya. Hari yang dingin mengharuskan kupu-kupu untuk melakukan pemanasan pada otor terbangnya, baik itu dengan menggoyangkan diri atau bermandikan cahaya matahari. Bahkan kupu-kupu yang suka cahaya matahari juga bisa kepanasan kalau suhunya di atas 38ºC, yang akan membuat mereka mencari tempat teduh untuk mendinginkan diri.
Kupu-Kupu Hanya Hidup Beberapa Minggu 
Ternyata kupu-kupu tidak hidup panjang umur. Rata-rata kupu-kupu hanya bisa bertahan hidup selama beberapa minggu saja. Selama hidupnya yang singkat, kupu-kupu akan mencari makan dan menemukan tumbuhan yang tepat untuk menyimpan telurnya.
Tidak mampu mengunyah makanan padat
Kupu-kupu dewasa hanya mengonsumsi makanan yang cair, salah satu makanannya adalah nektar. Bagian mulut kupu-kupu dimodifikasi agar kupu-kupu dapat mampu meminum nektar, namun mereka tidak mampu untuk mengunyah makanan padat. Sebuah proboscis atau belalai yang berfungsi sebagai sedotan minuman bagi kupu-kupu terdapat dibawah dagu kupu-kupu sampai ia menemukan sumber nektar, atau nutrisi cair lainnya.
Itulah fakta unik yang perlu kamu ketahui soal kupu-kupu. Semoga bermanfaat!