Mengenal Burung Kuntul
Burung kuntul berkaki panjang ini memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem alam.
Burung Kuntul atau Kuntul merupakan sebutan untuk burung dari keluarga Ardeidae. Burung jenis ini memiliki kaki yang panjang, leher panjang dan juga badan yang cukup besar.
Burung Kuntul memiliki ukuran tubuh yang agak besar dan ramping serta memiliki panjang tubuh sepanjang 55-65 cmm serta memiliki panjang bentangan sayap sepanjang 88-106 cm. Memiliki paruh yang berwarna kuning, dan juga memiliki tungkai serta kaki yang berwarna coklat dan hitam.
Berbeda dengan burung dari keluarga Bangau, burung Kuntul memiliki ciri unik pada saat terbang. Mereka akan membentuk lehernya seperti huruf S pada saat mereka terbang. Burung kuntul kecil merupakan burung pemangsa yang mempunyai peran penting dalam rantai makanan. Untuk itu keberadaanya sangat penting sebagai salah satu komponen keseimbangan lingkungan.
Habitat burung Kuntul sendiri berada di lahan yang basah, pantai dan juga terumbu karang. Mereka biasanya memangsa ikan, katak dan juga hewan invertebrata lainnya sebagai santapan sehari-harinya. Burung Kuntul sendiri memiliki banyak spesies, beberapa diantaranya adalah Kuntul Besar, Kuntul Perak, Cangak Laut, Cangak Abu, Cangak Merah, Kuntul Kerbau, Kuntul Karang dan juga Kuntul Kecil.
Demikianlah informasi mengenai burung kuntul. Semoga bermanfaat!