Mengenal Burung Gelatik
Burung gelatik atau yang biasa disebut dengan burung hias gelatik wingko saat ini memiliki banyak penggemar.
Burung gelatik mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Perawatannya juga cukup mudah sehingga akan lebih gampang saat anda memeliharanya di rumah. Burung gelatik memiliki suara yang tidak kalah dengan burung kicau lainnya. Burung ini memiliki kicauan yang bervariasi serta nafas yang kuat.
Burung gelatik yang cukup populer di kalangan kicau mania adalah burung jawa. Burung ini memiliki warna perut coklat yang sedikit kemerahan. Terdapat lingkaran merah di sekitar matanya. Kicauan burung ini tergolong cukup menarik dan merdu, apalagi dengan suara tembakannya. Maka tak heran jika burung ini memiliki banyak penggemar di luar negeri.
Habitat asli nya di alam liar burung gelatik ini merupakan salah satu jenis burung endemik di jawa dan dibali. Sehingga tanpa disadari keberadaan dialam pun semakin kian menurun, walaupun endemik jawa namun keberadaan burung ini tidak hanya berada di negara Indonesia saja.
Ada beberapa jenis burung gelatik yang tersebar di berbagai wilayah. Semua jenis burung ini masih mudah untuk dijumpai. Karena habitat burung gelatik sempat terganggu adanya pemburu liar, maka saat ini sudah banyak orang melakukan penangkaran burung tersebut.
Demikianlah informasi mengenai burung gelatik. Semoga bermanfaat!