Ras Kucing Paling Langka
Kucing merupakan sejenis mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae.
Sejarah kucing sama panjangnya dengan sejarah manusia, bahkan melebihi mungkin. Meski sekarang sudah banyak jenis kucing persilangan, namun ternyata ada beberapa jenis kucing yang sangat jarang ditemukan. Berikut ini kucing yang tergolong langka:
Ragamuffin
Dibiakkan pada tahun 2003, Ragamuffin tergolong kucing yang banyak disukai masyarakat. Bulunya yang tebal dan halus serta matanya yang besar adalah daya tarik yang membuatnya terlihat cantik. Kucing ini juga sangat manis dan penurut. Sayangnya, tidak banyak yang tahu formula persilangan ras yang bisa menghasilkan Ragamuffin.
American Wiheair
Kucing American Wirehair pertama ditemukan di sebuah peternakan yang terletak di bagian utara New York pada tahun 1966. Seekor anak kucing lahir dengan penampilan yang unik dibandingkan dengan teman-temannya. American Wirehair pertama lahir sebagai hasil dari mutasi genetik yang terjadi dengan sendirinya, tanpa ada yang mencoba menciptakan keturunannya.
Kucing ini tidak memiliki perawatan khusus dan termasuk kucing yang sehat serta tidak memiliki kelainan genetik. Ras jenis ini berukuran sedang dan proporsional. Kucing-kucing ini memiliki ciri-ciri menarik yang meliputi mata lebar, moncong pendek hingga sedang, dan dagu yang kuat, sehingga wajahnya terlihat persegi. Saat ini, American Wirehair adalah jenis yang sangat langka, sering dipelihara hanya untuk berpartisipasi dalam pertunjukan kucing dan untuk berkembang biak, sehingga sulit untuk menemukannya.
African Golden Cat
Kucing ini dapat ditemukan di daerah hutan hujan khatulistiwa. Meski diberinama 'golden', warnanya tidak selalu emas. Terkadang beberapa kucing jenis ini berwarna emas kemerahan, hingga abu-abu gelap. Warnanya yang unik membuat kucing ini banyak diburu. Kini kucing ini termasuk hewan yang terancam punah.
Serval Cat
Rupanya seperti macan tutul versi kucing. Tak heran, sebab kucing ini merupakan kucing Afrika yang memiliki kaki panjang. Kucing ini juga diyakini sebagai nenek moyang dari singa dan cheetah. Serval cat banyak terdapat di daerah padang savana di Afrika. Mereka berburu seperti singa, hanya saja buruan mereka berukuran lebih kecil.
Sokoke
Sokoke adalah kucing eksotis yang beasal dari Kenya, Afrika. Garis-garis cokelat gelap yang berpadu dengan warna kuning membuat kucing ini mirip dengan serval (kucing hutan).
Turkish Van
Elegan dan anggun adalah dua kata yang cocok untuk menggambarkan Turkish Van. Walaupun begitu, mereka suka dengan air, lho. Jadi jangan heran jika Turkish Van terlihat senang ketika hujan turun. Ras yang berasal dari Turki ini merupakan ras asli. Pemerintah Turki melindunginya dengan ketat sehingga tidak ada yang berani mengembangbiakkannya di luar negara tersebut.
Ragdoll
Ragdoll merupakan ras kucing yang dikembangkan oleh peternak Ann Baker di Riverside, California, pada tahun 1960-an. Ragdoll disinyalir merupakan anak kucing hasil persilangan dari induk betina campuran Persia/Angora, dan induk jantan Birman atau Burma. Khas dengan bentuknya yang besar berotot, memiliki bulu yang sangat halus serta mata biru yang mencolok. 
Ann Baker kemudian mendirikan Asosiasi Ragdoll Internasional untuk menegakkan standar atas Ragdoll. Barulah  pada tahun 1975 ras Ragdoll diterima oleh Cat Fancier's Association dan pendaftar lainnya. Ragdolls dapat tumbuh dengan berat 5,4 hingga 9,1 kg untuk jantan, dan 3,6 hingga 6,8 kg untuk betina ini ternyata jenis kucing jinak yang lemas jika digendong. Ras ini juga tidak memiliki umur yang panjang, diperkirakan bisa hidup hanya 12-15 tahun saja.
Oriental Bicolor
Ras Kucing jenis ini berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1979. Saat itu Lindajean Grillo mulai menyilangkan kucing American Shorthair bicolor dengan Kucing siam.
Kemudian dari hasil persilangan tersebut, Grillo memilih kucing bicolor terbaik untuk dikawinkan kembali dengan jenis Oriental atau Siam. Dan pada tahun 1983, ras kucing ini sudah diakui oleh TICA (The International Cat Association). Oriental Bicolor memiliki sifat sosial yang ramah serta penuh kasih sayang. Kucing yang lebih suka menjadi pusat perhatian. Ciri khasnya ialah wajah yang runcing, jika diamati seksama dari depan, mereka memiliki bentuk wajah segitiga. Bulu yang mereka miliki juga mengkilap dan licin. 
Chartreux
Chartreux dinilai memiliki asal-usul yang rumit dan terkait dengan ras kucing zaman dahulu. Diduga, kucing ini berasal dari Persia tetapi kemudian dibawa ke Kerajaan Prancis. Mereka juga sering dipelihara oleh biksu yang ada di negara tersebut. Namun sayangnya, saat ini populasi mereka kian berkurang.
Nah itulah beberapa ras kucing paling langka. Semoga bermanfaat!