Primata Paling Unik
Ada lebih dari 500 primata di dunia, termasuk lemur, monyet, kera, kukang.
Primata adalah jenis hewan yang tergabung dalam ordo primates. Dalam bahasa Latin, kata primates sendiri berarti 'terbaik dan mulia', karena primata memang dianggap sebagai golongan hewan paling cerdas di muka bumi. Bahkan dalam taksonomi, manusia pun dikelompokkan sebagai primata.
Dari ratusan primata yang ada di dunia, berikut di antaranya yang dinilai paling unik:
Langur kaki merah
monyet yang satu ini sangat colorful. Mereka seolah memakai sarung tangan dan kaos kaki dengan warna yang mencolok. Ditambah wajahnya yang jingga dan jenggotnya yang putih, mereka pantas disebut sebagai primata paling warna-warni di dunia.
Uakari botak
Uakari botak memiliki wajah yang sangat unik. Selain botak, wajahnya yang merah membuat monyet ini tampak sangat mencolok di pepohonan. Warna merah tersebut disebabkan karena mereka memiliki epidermis kulit yang sangat tipis sehingga warna merah darahnya terlihat. Dan ternyata di kalangan uakari, semakin merah wajah, semakin menarik bagi lawan jenis.
Tamarin Kaisar
Juga merupakan primata berukuran kecil, dengan hanya berukuran 20-25 sentimeter dengan berat tak sampai setengah kilo, keunikan dari tamarin kaisar adalah ekor panjangnya (bisa mencapai 33-40 sentimeter) dan tentu saja kumis yang seperti raja.
Primata dengan harapan hidup sampai 23 tahun itu umumnya berwarna coklat, abu-abu, hitam, dan putih, serta ditemukan di hutan hujan barat laut Brazil, Bolivia, dan tenggara Peru. Kumis dan jenggotnya membuat hewan pemakan buah itu terlihat seperti bangsawan.
Monyet Capuchin
Sering kali monyet capuchin muncul di film-film karena kelucuannya. Berukuran kecil, biasanya monyet yang harapan hidupnya 25-35 tahun tersebut hanya setinggi 35-45 sentimeter dengan berat 3-4 kilogram.Monyet capuchin kerap kali ditemukan di dataran rendah dan hutan tropis Amerika Tengah dan Selatan. Keunikan monyet yang umumnya berwarna hitam, coklat, dan putih itu adalah ekor panjang, rambut stylish, dan pintar bersosial sehingga kerap bergerak ramai-ramai.
Mandrill
Mandrill atau kadang disebut monyet dukun adalah spesies monyet terbesar di dunia. Keunikan hewan ini tentu terletak pada wajahnya yang berhidung merah dan berpipi biru. Warna merah biru serupa juga terdapat di bagian bokong mereka. Dan uniknya, warna di tubuhnya akan semakin terlihat jelas jika monyet ini sedang bersemangat.
Itulah primata dengan penampilan terunik di dunia. Semoga bermanfaat!