Ciri Fisik Kucing Ragdoll
Memiliki hewan peliharaan yang cantik dan menggemaskan bagi sebagian orang menjadi hal yang menyenangkan.
Kucing ragdoll masuk kategori kucing besar. Jenis ras ini merupakan kucing dengan karakter lembut, setia, dan memiliki daya pikat berkat bulunya yang sangat cantik. Berikut ini ciri fisik kucing ragdoll:
Bulu
Panjang bulu ragdoll termasuk kategori sedang. Inilah sebabnya banyak orang menilai bahwa bulu kucing ragdoll sangat mirip dengan bulu kelinci. Tekstur bulu kucing ini sangat halus dan mudah diatur jika dirawat dengan cara tepat. Ragdoll memiliki enam jenis warna bulu, antara lain biru, cokelat, seal, lilac, krem, hingga merah.
Penampilan Fisik Menawan
Banyak orang berpendapat kucing Ragdoll memiliki penampilan fisik yang sangat menawan. Mulai dari tubuh relatif besar, wajah bulat, hingga mata berwarna biru yang menarik perhatian.
Mata cantik ini juga datang dalam variasi warna biru yang bukan hanya meningkatkan rasa percaya diri untuk kucing, melainkan juga untuk pemiliknya. Kucing Ragdoll dapat memiliki sejumlah warna dan pola, yakni yang paling umum adalah bulu mayoritas berwarna terang dengan bagian wajah, telinga, kaki, dan ekor yang cenderung gelap.
Berumur Cukup Panjang
Ragdoll secara umum memiliki angka harapan hidup relatif panjang, yakni kurang lebih bisa mencapai umur 15-20 tahun. Walaupun begitu tentu pengaruh dari faktor genetik, masalah kesehatan, lingkungan, metode perawatan, hingga pemilihan makanan kucing Ragdoll bisa mempengaruhinya.
Ekor
Ragdoll termasuk kucing berekor panjang dengan bulu yang menutupi seluruh bagiannya. Biasanya warna bulu ekor ragdoll merupakan perpaduan dari semua warna yang ada pada tubuhnya. Namun, ada juga ekor berwarna putih, cokelat, ataupun terdiri dari satu warna.
Mata
Kucing ragdoll mempunyai mata berbentuk bulat seperti halnya biji kacang almond dengan warna biru cerah. Bentuk inilah yang menjadi salah satu daya tarik ragdoll. Bola matanya membuat penampilannya begitu cantik dan menggemaskan.
Telinga
Jarak antara telinga kanan dan kiri kucing ragdoll tidak terlalu jauh dengan bentuk menjulang ke atas membentuk segitiga. Biasanya warna telinga bagian dalam kucing ras ini ialah merah muda, sementara bulu di bagian luar telinga berwarna cokelat atau hitam dan cenderung lebih gelap.
Penyayang Dan Suka Mencari Perhatian
Beralih ke ciri-ciri kucing Ragdoll dilihat dari tingkah lakunya yang penyayang dan selalu menginginkan perhatian dari pemiliknya. Dibanding berkeliaran dan menjelajahi lokasi di sekitar rumah, kemungkinan besar Ragdoll akan memilih selalu berada di sekitarmu.
Bersuara Lebih Banyak
Karakteristik kucing Ragdoll ini mungkin tidak akan sama pada satu peliharaan dengan peliharaan lain.
Namun menurut beberapa pemilik, kucing Ragdoll lebih vokal dan bersuara lebih banyak daripada kucing pada umumnya. Misal saat dia sedang terjebak di suatu ruangan atau mencari perhatian. Walaupun suaranya tidak terlalu keras, jenis kucing ragdoll ini biasanya mengeluarkan suara yang imut dan membuat kita gemas jika mendengarnya.
Demikianlah informasi mengenai ciri fisik kucing ragdoll. Semoga bermanfaat!