Manfaat Kupu-Kupu
Kupu-kupu merupakan salah satu jenis hewan serangga yang sebagian besar dari mereka memiliki bentuk sayap indah.
Kupu-kupu membuat dunia semakin berwarna. Warna sayapnya yang cerah dan kebiasaannya hinggap dari bunga satu ke bunga lain memberikan sentuhan keindahan khusus pada alam. Namun, kupu-kupu bukan hanya menambah keindahan lingkungan. Ada banyak manfaat yang dibawa hewan bersayap indah ini bagi lingkungan.
Berikut ini manfaat kupu-kupu untuk kehidupan:
Menjaga kelangsungan ekosistem
Kupu-kupu juga sangat berguna dalam menjaga kelangsungan ekosistem. Alasannya adalah bahwa mereka memainkan peran ganda dalam sebuah rantai makanan. Baik itu sebagai mangsa atau predator, memakan dan dimakan oleh makhluk hidup lainnya. Selain itu, rentang hidup mereka yang singkat juga efektif dalam menunjukkan perubahan ekosistem.
Menjaga organisme tetap terkendali  
Kupu-kupu pada fase larva atau ulat akan memakan daun tanaman inang dan menggunakannya sebagai sumber energi. Akibatnya, mereka dapat membantu tanaman kehilangan daun sebelum musim gugur, atau membantu menjaga spesies tanaman tertentu agar tidak berkembang biak di luar kendali.
Beberapa spesies kupu-kupu dewasa memakan buah busuk, bangkai, atau kotoran hewan. Ini dapat membantu membersihkan lingkungan dari limbah.
Pendeteksi Kondisi Lingkungan
Kupu-kupu dapat dijadikan sebagai pendeteksi kondisi lingkungan atau bioindikator lingkungan. Hal tersebut karena kupu-kupu memiliki sistem untuk beradaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Lantaran memiliki sistem adaptasi ini, warna kupu-kupu akan mudah berubah. Apabila kupu-kupu tinggal di lingkungan yang asri dan sehat maka warna kupu-kupu akan tampak cerah dan berwarna-warni. Namun, apabila kupu-kupu tinggal di lingkungan yang kurang sehat, maka warna kupu-kupu akan menjadi pudar dan suram.
Inspirasi Inovasi Teknologi
Kupu-kupu dapat dimanfaatkan menjadi inspirasi inovasi teknologi yaitu dengan menginspirasi pengusaha tekstil membuat bahan tekstil yang elegan dan susunan scale yang bertumpuk menjadi inspirasi terciptanya alat menyerap energi surya.
Sumber makanan bagi hewan lain
Dalam setiap siklus hidup kupu-kupu, mereka menyediakan sumber makanan bagi hewan lain. Burung, laba-laba, kadal, dan mamalia kecil adalah pemangsa kupu-kupu. Burung menyukai kupu-kupu saat berbentuk ulat karena bergerak secara lambat dan mudah ditangkap. Kupu-kupu dalam bentuk kepompong juga rentan menjadi makanan hewan lain karena tertambat pada batu, tanaman, atau struktur lain. Kupu-kupu dewasa juga biasanya hanya hidup beberapa minggu sebagai akibat dari masa hidup yang pendek dan pemangsaan.
Membersihkan lingkungan dari limbah.
Beberapa spesies kupu-kupu mampu membersihkan lingkungan dengan mengonsumsi limbah seperti kotoran hewan dan daging binatang yang membusuk. Bagi kupu-kupu, keduanya akan memberikan nutrisi penting. Salah satu spesies kupu-kupu yang memakan limbah tanaman adalah Kaisar Ungu, yang sering ditemukan di wilayah selatan Inggris.
Nah itu dia manfaat kupu-kupu untuk kehidupan. Semoga bermanfaat!