Jenis Kucing Persia
Kucing persia merupakan salah satu ras kucing yang ada di dunia dan menjadi favorit untuk dirawat di rumah.
Kucing Persia memiliki ciri-ciri bulu panjang, hidung pendek, dan wajahnya bulat. Karakteristik lainnya ada pada telinga kecil dan kakinya yang pendek. Kucing Persia asli berasal dari Iran dan Turki, kemudian dikembangbiakkan di seluruh dunia. Berikut ini jenis kucing persia:
Persia Peaknose
Persia peaknose adalah salah satu breed persia dengan harga yang luar biasa, namun tetap saja tidak sedikit orang-orang yang berlomba-lomba merawat jenis persia satu ini. Seperti namanya, hidungnya paling kecil dan datar diantara yang lainnya, bahkan semakin kecil hidung dan kejelasan keturunannya, maka semakin mahal pula harganya.
Umumnya, jenis kucing ini bisa ditemukan pada kisaran diatas 10 juta. Hal lain yang perlu diperhatikan dari ras persia peaknose adalah daya tahan tubuhnya yang cukup rentan. Bila dibandingkan dengan yang lainnya, jenis ini perlu perawatan serta penanganan lebih cepat akan vaksin, agar tidak mudah jatuh sakit.
Persia Medium
Ciri-ciri kucing ini memiliki hidung lebih lancip daripada Persia lain. Tetapi Persia Medium tetap memiliki hidung kecil yang berbeda dari jenis kucing ras lain.  Hewan peliharaan ini merupakan hasil perkawinan silang antara Persia asli dan kucing lokal.
Persia Medium umumnya banyak dipelihara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Kucing ini memiliki tubuh besar, wajah bulat, telinga pendek, dan kaki besar. Harga Persia Medium umur 1 bulan yang belum divaksin sekitar Rp 850 ribu sampai Rp 1,65 juta. Sedangkan kucing berusia enam bulan yang belum divaksin rentang harganya Rp 600 ribu sampai Rp 2,5 juta.
Persia Flat Nose
Persia flat nose adalah salah satu tipe breed persia yang sangat populer terutama di kalangan pecinta kucing. Sesuai dengan namanya, kucing ini memiliki hidung yang pesek dan kecil sehingga membuat mukanya tampak seperti rata karena hidungnya yang sejajar dengan matanya.
Secara umum, persia flat nose mempunyai bulu yang tebal sehingga Anda harus lebih secara teratur untuk memandikan ataupun mengajaknya ke salon hewan agar bisa terhindar dari kutu yang mengganggu. Pastikan juga untuk menjauhkan barang-barang yang mudah pecah di rumah Anda karena kucing ini senang sekali untuk berada di tempat yang tinggi seperti menaiki meja ataupun lemari.
Persia Himalaya
Breed satu ini juga tidak kalah populer dengan jenis medium. Persia Himalayan bisa kamu bedakan dengan mudah dari pola warna pada wajah, kepala serta beberapa bagian tubuh lainnya.
Bentuknya sangat lucu, sebab, pada kaki dan beberapa bagian wajah dan kepalanya akan memiliki warna yang lebih gelap. Bulunya lebat dan panjang, tetap membutuhkan perawatan yang lebih, namun daya tahan tubuhnya cukup kuat dan sehat, bahkan persia himalayan dipercaya mampu hidup hingga berusia 15 tahun.
Persia Tabby
Berbeda dengan breed persia yang lainnya, persia tabby sangatlah aktif dan senang berinteraksi dengan siapa saja. Kucing dengan breed ini menjadi salah satu pilihan terbaik terutama bagi Anda yang sama sekali belum pernah merawat ataupun memelihara hewan sebelumnya. Kucing ini juga sangat vokal dan selalu ingin ditemani oleh Anda ataupun anggota keluarga yang lainnya.
Persia Particolor
Persia particolor adalah salah satu breed persia yang mempunyai gradasi warna yang menarik dan unik. Kucing jenis ini mempunyai tampilan yang mewah karena warna bulunya yang cenderung keemasan yang bergradasi dengan indahnya. Kucing breed ini juga memiliki warna mata oranye kecoklatan dan tampak senada dengan warna dari bulunya.
Itu dia beberapa jenis kucing persia. Semoga bermanfaat!