Fakta Menarik Puffin
Puffin merupakan hewan yang masuk ke dalam kelompok aves dengan memiliki ciri khas paruh yang berwarna cerah.
Puffin merupakan jenis burung laut kecil yang tinggal di tebing pantai dan pulau lepas pantai di utara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Mereka terbagi jadi tiga spesies, yakni puffin atlantik, puffin berumbai, dan puffin bertanduk. Biarpun tubuhnya gemuk dan tegap seperti penguin, puffin bisa terbang. Berikut ini fakta menarik puffin:
Puffin mampu mencapai umur 36 tahun
Puffin termasuk burung yang berumur panjang, bahkan salah satu puffin tertua mampu hidup hingga umur 36 tahun. Namun sayang, hingga saat ini masih belum diketahui pasti usia maksimumnya karena tanda yang dipakaikan para peneliti sering kali hilang entah karena habitat aslinya atau karena bersarang di daerah yang berbatu.
Kemampuan menangkap ikan yang luar biasa
Seekor puffin mampu menangkap sekitar 10 ikan kecil di paruhnya. Kemampuannya yang luar biasanya ini didapat berkat lidah dan langit-langit atas. Lidah puffin menjulang hingga bagian kasarnya mampu menahan dan mendorong ikan ke bagian dalam paruh. Bahkan, seekor puffin di Inggris mampu membawa 62 ekor ikan secara sekaligus dan ini menjadi rekor tertinggi.
Hewan dengan sifat teritorial
Puffin masuk ke dalam hewan dengan sifat sosial yang sangat tinggi. Dilansir dari laman Oceanwide-Expeditions, para peneliti mengungkapkan bahwa burung ini mempunyai cara yang sangat unik dalam menjaga keharmonisan di antara komunitasnya yakni dengan cara menundukkan paruhnya hingga ke bagian dada saat melewati sarang burung puffin lainnya. Hal tersebut dilakukan agar tidak menimbulkan masalah atau perselisihan di antara mereka dalam memperebutkan wilayah kekuasaan.
Sistem reproduksi puffin
Puffin akan mencapai kematangan seksual pada saat memasuki usia 4 hingga 5 tahun. Spesies burung ini masuk ke dalam kelompok hewan monogami yang artinya mereka hanya membentuk satu pasangan untuk seumur hidup. Sepasang puffin akan membangun sarang di antara bebatuan atau menggali lubang di dalam tanah. Dalam masa inkubasi, telur-telur puffin akan menetas dalam waktu 7 hingga 8 minggu.
Nah, itulah beberapa fakta menarik seputar puffin yang mempunyai kebiasaan unik. Semoga bermanfaat!