Air Lemon dengan Vitamin C
Ketika berbicara mengenai buah lemon, dapat dikatakan bahwa lemon adalah salah satu makanan yang memiliki rasa asam yang khas. Meskipun rasanya asam, kandungan nutrisi yang terdapat pada lemon tidak bisa dianggap sepele.
Berikut khasiat dan manfaat dari buah lemon, mari kita simak bersama-sama.
1. Air lemon kaya akan vitamin, yang tentunya dapat membantu mencegah penumpukan melanin dan juga dapat memecah melanin pada kulit. Air lemon juga merupakan cuka yang dapat dimakan, yang dapat membantu dalam penurunan berat badan. Vitamin c pada air lemon dapat mengurangi kerutan dan juga membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, selain itu juga dapat membantu menjaga kulit Anda agar tetap sehat.
2. Air lemon memiliki efek menghilangkan racun dari tubuh serta membersihkan perut dan usus. Meminum air lemon secara teratur dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga sistem urin yang sehat. Lemon mengandung jenis asam sitrat, yang dapat merangsang hati untuk detoksifikasi.
3. Lemon kaya akan vitamin C, yang dapat melawan flu. Lemon juga kaya akan potassium, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Vitamin C pada lemon juga bersifat anti-inflamasi, yang dapat membantu mengobati asma dan gejala pernapasan lainnya.
4. Lemon dapat mengatur tingkat pH dalam tubuh dan menjaga keseimbangan asam-basa. Meskipun lemon sendiri sangat asam, saat mencapai tubuh, ia akan menjadi alkaline. Jadi Anda dapat minum air lemon untuk menghilangkan keasaman dalam tubuh serta mengurangi sakit dan inflamasi pada tubuh.
5. Vitamin C pada air lemon merupakan katalis untuk gerakan usus, dan minum air lemon pada pagi hari saat perut kosong dapat menyelesaikan masalah sembelit. Hal ini juga dapat membilas toksin yang berlebihan dari tubuh. Air lemon hangat akan mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh, sehingga ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
6. Lemon kaya akan vitamin C dan vitamin P, yang meningkatkan elastisitas dan kekuatan pembuluh darah serta dapat mencegah dan mengobati gejala hipertensi dan infark miokard. Studi juga menemukan bahwa jeruk nipis mengandung komponen yang mirip dengan insulin, yang dapat menurunkan kadar gula darah yang abnormal.
7. Kekayaan vitamin C pada lemon dapat membantu melawan banyak karsinogen. Terutama, disaat menetralkan nitrit, yang efektif mengurangi toksisitas dan melawan sel kanker.
Meskipun air lemon kaya akan vitamin C, akan tetapi terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan ketika minum air lemon sebagai berikut.
1. Orang-orang yang tidak disarankan minum lemon
a. Pasien ulkus lambung
Karena lemon mengandung banyak kalsium, tubuh manusia memerlukan penyerapan kalsium. Namun, orang yang mengalami sekresi asam lambung yang berlebihan memerlukan penyerapan kalsium untuk pencernaan sekresi tersebut, yang akan menyerap kalsium dari lemon.
b. Penderita diabetes
Karena lemon mengandung banyak gula, dan gula tidak diterima oleh penderita diabetes. Jika terlalu banyak gula yang diserap, akan memperburuk kondisi pasien, dan itu akan menjadi serius, sehingga tidak disarankan untuk banyak dikonsumsi.
2. Jangan minum dengan perut kosong
Lemon mengandung asam sitrat dan zat asam lainnya. Jika terlalu banyak minum air lemon dengan perut kosong, akan mudah menstimulasi produksi asam lambung berlebihan dan menimbulkan masalah pada lambung. Terutama bagi orang yang memiliki fungsi limpa dan lambung yang lemah, serta anak-anak dan orang tua. Tentu saja, minum sedikit air lemon dengan perut kosong tidak menjadi masalah besar.
3. Hindari minum sepanjang hari
Minum air lemon sepanjang hari tidaklah baik. Vitamin C yang terkandung dalam lemon mudah teroksidasi meskipun memiliki sifat antioksidan.
Nutrisi dalam air lemon akan habis setelah periode waktu yang terlalu lama. Umumnya, waktu terbaik untuk minum air lemon adalah setengah jam hingga satu jam.
Jadi, setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah tahu cara minum air lemon dengan cara yang sehat?