Coba Hobi yang Berbeda
Orang Inggris terkenal di seluruh dunia karena kecintaan mereka terhadap teh. Dibandingkan dengan orang Cina yang lebih suka teh hijau, orang Inggris lebih menyukai teh hitam. Di meja sarapan mereka, teh hitam dan kopi memiliki status yang sama dan tidak ada pilihan lain, keduanya sama pentingnya.
Sejak zaman dinasti Tang, Jepang telah dipengaruhi oleh Cina dalam berbagai aspek budaya dan kebiasaan, terutama dalam budaya teh. Bahkan sekarang, Jepang masih mempertahankan kebiasaan memesan teh, dan hampir semua keluarga di Jepang memiliki kebiasaan minum teh setelah makan. Membuat teh dapat menjadi jenis hiburan dan rekreasi bersama keluarga dan teman, tetapi jika ingin serius mengeksplorasi, cara membuat secangkir teh yang baik juga dapat menjadi pembelajaran dan seni yang mendalam. Maka hari ini akan memperkenalkan langkah-langkah membuat teh dan mengajarkan cara membuat kuah teh yang baik dengan konsistensi yang tepat. Setelah Anda menyiapkan peralatan dan daun teh, Anda tentu saja dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat secangkir teh lazat dengan aromanya yang harum.
1. Menghangatkan Cangkir
Langkah pertama dalam membuat teh adalah memenuhi teh dengan air panas, yaitu menghangatkan cangkir, dengan menuangkan air mendidih ke dalam teapot atau cangkir sebelumnya, umumnya suhu air harus di atas 90°, sebagai cara untuk menghangatkan cangkir. Setelah wadah teh terhangat, air panas dituangkan keluar.
2. Mengambil Teh
Satu kali seduhan teh adalah sekitar satu sendok makan (sekitar 6g). Cobalah untuk menggunakan sendok teh dan mengambil jumlah yang sama setiap kali.
3. Suhu yang Tepat
Ketika kamu merasakan panas yang keluar dari cangkir ketika kamu menyentuhnya dengan tanganmu, itu artinya suhu air sudah tepat untuk membuat teh. Jika suhu tidak cukup, kamu dapat memanaskan kembali cangkir sekali lagi.
4. Merendam Teh
Ambillah sejumlah teh dan letakkan ke dalam cangkir atau teapot, ratakan. Isi dengan air panas hampir menutupi daun teh, dan ketika kamu menutup cangkir atau teapot, perhatikan keadaan daun teh yang terendam dalam air panas. Biasanya, daun teh direndam dalam air panas sebelum ditutup.
5. Ekstraksi
Ketika daun teh telah menyerap air panas dan berubah warna menjadi oranye dan hijau, sudah waktunya untuk "menuangkan" teh. Kemudian, dengan gerakan bergantian menuangkan air panas yang tersisa, tutup penutup, dan tuangkan kaldu teh ke dalam cangkir teh atau tempat penyaringan teh.
6. Menuangkan Teh Dalam Jumlah Kecil
Ketika menuangkan teh, kamu harus memperhatikan "porsi yang merata dan konsistensi yang seragam". Cara terbaik adalah menuangkan teh dalam jumlah kecil untuk memudahkan penyesuaian. Perhatikan "keadaan kaldu teh" dan tanyakan tanggapan orang yang akan Anda ajak minum teh. Penting juga untuk menyesuaikan pada waktu pembuatan teh berikutnya.
Setelah teh selesai diminum, Anda dapat mengangkat bagian bawah teh untuk melihat keadaan daun teh. Jika bagian bawah teh miring ke dasar, maka tentunya Anda akan tahu bahwa "Anda harus lebih hati-hati ketika menuangkan teh lain kali". Setelah menuangkan teh, posisi tubuh sangat penting, dan bawah teh akan menjadi rata secara alami setelah menuangkan teh dengan benar.