Cobalah Minuman Sehat Ini
Jahe dan lemon adalah dua bahan yang sangat berbeda dalam hal rasa dan efektivitas. Jahe umumnya memiliki rasa pedas, sedangkan lemon memiliki rasa manis dan asam.
Lalu, dapatkah lemon dan jahe digabungkan untuk membuat sebuah minuman?
Jahe dan lemon dapat diseduh bersama untuk diminum. Bahkan, ini merupakan kombinasi yang sangat baik. Selain memiliki nilai gizi, jahe dan lemon memiliki beberapa efek yang saling melengkapi dalam hal rasa. Jahe lebih pedas, dan lemon lebih asam; ini adalah dua jenis bahan dengan rasa yang cukup kuat, dan ketika digabungkan, mereka tentunya akan membuat rasanya menjadi lebih khas dan unik.
Perubahan suhu cuaca yang tiba-tiba membuat orang mudah terkena flu, tetapi orang tua sering mengatakan bahwa minum air jahe lemon dapat secara efektif menyembuhkan flu, yang merupakan resep yang baik yang telah terbukti oleh banyak orang. Jadi bagaimana membuat air jahe dan lemon yang benar? berikut langkah-langkah pembuatannya.
- Bahan utama:
3 lemon
1 potongan jahe besar
Sekitar 50 gram gula coklat
- Langkah-Langkah:
1. Tambahkan sedikit garam ke lemon dan cuci permukaannya.
2. Kupas dan iris jahe, lalu iris lemon.
3. Tempatkan irisan lemon, irisan jahe, dan gula coklat ke dalam mangkuk besar.
4. Aduk rata dan letakkan semua dalam jar kaca bersih tanpa air atau minyak.
5. Tutup dan letakkan di dalam lemari es, tiga hari kemudian Anda bisa minum.
6. Saat minum, ambil jumlah lemon dan jahe yang sesuai, dan tambahkan air hangat.
Apa manfaat dan efek dari air jahe dan lemon?
Jahe kaya akan gingerol dan memiliki efek yang dapat merangsang saluran pencernaan serta membantu dalam penghilangan limbah. Asam organik dalam lemon juga memiliki efek merangsang peristaltik gastrointestinal dan dapat meningkatkan metabolisme serta membantu mengeluarkan racun dari tubuh.
Selain itu, vitamin C dalam lemon juga efektif dalam menghilangkan kelebihan air, detoksifikasi, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu sistem limfatik berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, membuat air jahe dan lemon bersama-sama dapat membantu meredakan sembelit dan merangsang peristaltik gastrointestinal untuk mempercepat metabolisme.
Perlu diingat bahwa minuman ini tidak efektif untuk sembelit yang disebabkan oleh penyakit usus besar atau penyakit metabolik. Meskipun manfaat kesehatan dari makan jahe sangat banyak, akan tetapi beberapa orang masih kesulitan dengan rasanya yang pedas dan tajam; namun, ia dapat dicampurkan dengan sedikit lemon. Ketika membuat teh jahe, Anda harus menyesuaikan jumlah jahe dan air sesuai dengan preferensi pribadi. Begitu teh sudah siap, tambahkan jus dan irisan lemon ke dalamnya.
Rasa manis dan asam serta aroma, akan menetralkan rasa pedas jahe dan meningkatkan rasa. Selain itu, asam organik dalam lemon dapat membantu mengurangi kelelahan dan membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan. Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, jahe dianggap sebagai ramuan yang menghangatkan dan merangsang.