Asam Tapi Bergizi
Selai lemon adalah bumbu yang dibuat dari buah lemon sebagai bahan utamanya, dengan kandungan vitamin C nya yang kaya. Daerah produksi utama selai lemon sekarang adalah Amerika Serikat, Italia, Spanyol, dan Yunani, serta beberapa yang juga ada yang berasal dari Asia Tenggara.
Selai lemon juga bisa di buat sendiri dirumah, berikut cara-cara pembuatannya.
Cara membuat selai lemon
- Bahan-bahan:
Lemon 1200g
Air perasan lemon 350g
Gula 750g
- Langkah-langkah:
1. Gosok permukaan kulit lemon dengan garam dan kemudian cuci dengan baik.
2. Kupas lemon dan keluarkan kulit putih di dalam kulit.
3. Potong kulit menjadi serutan.
4. Potong lemon menjadi dua bagian.
5. Kemudian peras jus dari daging buah.
6. Isi panci dengan jumlah air yang tepat dan tuang serutan kulit lemon ke dalam panci.
7. Rebus serutan kulit lemon dua kali dalam air mendidih.
8. Ambil mangkuk besar dan campurkan serutan kulit lemon dengan jus.
9. Tuang gula dan simpan di kulkas semalam untuk dimarinasi.
10. Tuang campuran lemon yang sudah dingin ke dalam panci.
11. Didihkan di atas api yang besar dan hilangkan semua benda apung dari permukaannya.
12. Kecilkan api dan didihkan dengan mengaduk sesekali untuk menghindari lengket pada dasar panci.
13. Masak sampai selai menjadi kental, kemudian matikan api.
14. Taruh selai yang direbus ke dalam wadah bersih dan simpan di kulkas sampai dingin.
15. Selai lemon bernutrisi siap digunakan.
Analisis nutrisi:
1. Lemon mengandung niacin dan asam organik yang kaya, serta rasanya sangat asam. Jus lemon memiliki efek antibakteri yang kuat yang baik untuk membantu kebersihan makanan. Eksperimen menunjukkan bahwa jus lemon dengan keasaman yang sangat kuat dapat membunuh semua bakteri pada kerang dalam waktu 15 menit.
2. Lemon kaya akan aroma, yang dapat menghilangkan bau amis pada daging, dan berbagai produk makanan laut, selain itu, juga dapat membuat daging lebih empuk. Lemon juga dapat merangsang sekresi enzim proteolitik di dalam lambung dan meningkatkan peristaltik usus. Lemon sering digunakan untuk membuat hidangan dingin dan makanan yang diawetkan dalam kehidupan sehari-hari orang Barat.
3. Jus lemon mengandung banyak sitrat yang dapat menghambat kristalisasi garam kalsium, sehingga mencegah pembentukan batu ginjal, bahkan batu yang sudah terbentuk dapat larut secara perlahan. Maka mengonsumsi lemon dapat mencegah dan mengendalikan batu ginjal dan membuat batu yang dimiliki oleh pasien batu ginjal kronis akan berkurang dan menjadi lebih kecil.
4. Konsumsi lemon juga dapat mencegah penyakit kardiovaskular, dapat mengurangi fungsi ion kalsium yang memicu pembekuan darah. Lemon dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung, asam sitrat dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, mengurangi permeabilitas, meningkatkan fungsi penggumpalan dan jumlah trombosit yang dapat memperpendek waktu penggumpalan darah dan waktu perdarahan 31-71%, sehingga memiliki efek hemostatik.
5. Lemon segar sangat kaya akan kandungan vitamin dan merupakan produk kecantikan alami yang dapat mencegah dan menghilangkan pigmentasi kulit dan memudarkan bintik hitam.
6. Lemon mentah juga memiliki efek baik dalam mencegah gejala mabuk dan mual, sehingga lemon adalah buah yang cocok dikonsumsi untuk wanita.