Resep Kacang Cranberry
Kacang cranberry merupakan salah satu sayuran yang paling banyak nutrisinya, kaya akan vitamin dan mineral esensial yang dapat membantu meningkatkan kesehatan optimal.
Dengan kandungan 1520 mg kalium per 100 gram, kacang cranberry merupakan sayuran yang paling kaya kalium, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik bagi orang yang ingin meningkatkan kebutuhan asupan kalium di dalam tubuh. Selain kandungan kalium yang tinggi, kacang cranberry juga kaya akan protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B. Setiap 100 gram kacang cranberry mengandung 23,1 gram protein, 1,3 gram lemak, 56,9 gram karbohidrat, 76 mg kalsium, 410 mg fosfor, 1520 mg kalium, 42 mg zat besi, 193,5 mg magnesium, dan hanya 0,8 mg natrium.
Dengan lebih dari tujuh kali lipat kandungan kalsium dan empat kali lipat kandungan zat besi dari daging ayam, kacang cranberry merupakan makanan yang kaya kalium, kaya magnesium, dan rendah natrium yang langka. Karena zat besi adalah elemen penting dalam produksi sel darah merah, mengonsumsi kacang cranberry dapat membantu melengkapi zat besi dan mencegah anemia secara efektif. Kacang cranberry juga mengandung jumlah magnesium yang cukup, dengan 193,5 mg magnesium per 100 gram. Dengan hanya 0,8 mg natrium, kacang cranberry adalah pilihan makanan yang bergizi dan dapat mendukung pola makan yang sehat.
Kacang cranberry dengan minyak zaitun adalah hidangan yang serba guna dan menyegarkan yang bisa disajikan sebagai makanan pembuka, hidangan sampingan, atau makanan utama, terutama di musim panas. Hidangan ini mudah untuk dibuat, dan Anda akan jatuh cinta dengan rasanya.
Untuk membuat kacang cranberry dengan minyak zaitun, berikut cara pembuatannya.
- Bahan Utama:
500g kacang cranberry
1/2 cangkir minyak zaitun
1 bawang merah cincang
1 kentang cincang
1 wortel cincang
2 tomat parut
1/2 sendok makan pasta tomat
1 sendok teh gula
4-5 siung bawang putih
- Langkah-Langkah:
1. Rendam kacang cranberry dalam air selama 6-8 jam, kemudian masukkan ke dalam panci berisi air dan rebus selama sekitar 10 menit.
2. Tiriskan air dan sisihkan.
3. Dalam panci yang berbeda, rebus bawang merah cincang dalam 1/4 cangkir air sampai lunak, kemudian tambahkan minyak zaitun, pasta tomat, tomat parut, kentang cincang, dan wortel cincang.
4. Aduk selama sekitar 2 menit, kemudian tambahkan gula, garam, dan 1 cangkir air panas.
5. Masak selama sekitar 5 menit sampai sayuran empuk.
6. Tambahkan kacang cranberry yang sudah dimasak ke dalam panci, dan kontrol level air hingga melebihi kacang sedikit. Jika level air terlalu rendah, tambahkan sedikit air panas.
7. Letakkan siung bawang putih utuh di samping panci, tutup panci, dan masak selama 15 menit lagi. Jika Anda tidak ingin hidangan Anda terlalu berair, Anda bisa memasak kacang cranberry dalam minyak zaitun hingga air menguap.
Nikmati hidangan kacang cranberry dengan minyak zaitun Anda, dan semoga berhasil!