Cara Merawat Kesehatan Gigi
Cara merawat kesehatan gigi agar gigimu bersih dan sehat. Malas menjaga kesehatan gigi dan melakukan perawatan gigi, bisa mengakibatkan gigi berlubang. Jika sudah begini, lama kelamaan bisa terjadi sakit gigi, dan makan pun terasa tidak enak.
Gigi merupakan salah satu organ penting pada tubuh manusia yang berfungsi untuk memotong dan menghancurkan makanan, sehingga mudah ditelan dengan baik. Gigi yang berlubang bisa mengganggu kenikmatan pada saat makan. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan beberapa langkah perawatan gigi rutin untuk menghindari gigi berlubang.
1. Jangan Lupa Sikat Gigi Sebelum Tidur
Dianjurkan sikat gigi dua kali sehari, setiap pagi setelah sarapan dan sebelum tidur. Namun, banyak orang masih sering lupa bahkan malas menyikat gigi sebelum tidur. Kenapa penting menyikat gigi sebelum tidur? 
Karena sisa-sisa makanan yang ada di gigi (dan seringkali kamu nggak sadar tentang itu) akan tetap tinggal pada gigi semalaman jika tidak dibersihkan. Akibatnya, sisa-sisa makanan itu dapat membusuk dan ikutan merusak gigimu. Salah satu penyakit yang bisa ditimbulkan karenanya adalah gingivitis atau infeksi yang terjadi pada gigi dan disebabkan oleh bakteri. Bila dibiarkan terus-menerus, ia akan menjadi lebih serius dan menyebabkan terjadinya periodontitis.
2. Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluoride
Jangan hanya memilih pasta gigi yang dapat membuat gigi menjadi putih, tapi pastikan juga bahwa ia mengandung fluoride. Kenapa? Soalnya fluoride akan bekerja melindungi gigi dari resiko rusak dan busuk. Ia akan melawan bakteri dan menyediakan perlindungan yang aman bagi gigi. Setiap orang tentu punya sensitivitas giginya masing-masing. Maka dari itu, gunakanlah pasta gigi yang sesuai dengan gigimu sendiri ya.
3. Ganti sikat gigi secara rutin
Meski sikat gigi Anda masih terlihat bagus, jangan lupa untuk menggantinya setiap 3–4 bulan sekali, terutama jika bulu sikat sudah berubah bentuk atau terlihat kotor. Sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, gigi dan mulut juga harus rajin dibersihkan secara menyeluruh agar kesehatannya tetap terjaga. Jadi, mari terapkan cara menggosok gigi yang baik dan benar.
4. Bersihkan lidah setelah menyikat gigi
Setelah menyikat gigi dengan cara yang benar, jangan lupa untuk membersihkan lidah. Membersihkan lidah penting dilakukan untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut.
Anda bisa menyikat lidah dengan sikat gigi biasa atau menggunakan alat khusus pembersih lidah yang sudah banyak dijual di pasaran. Akan tetapi bila menggunakan sikat gigi, pastikan bagian belakang sikatnya ada sisi karet yang bertekstur bergelombang. Bagian belakang sikat gigi ini memang sengaja didesain bergerigi untuk membersihkan lidah.
Sikatlah lidah dari pangkal lidah yang paling dalam dan tarik perlahan ke depan dalam satu gerakan. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali atau sampai Anda merasa lidah benar-benar bersih. Bersihkan juga samping lidah dengan cara yang sama. Terakhir, kumur dengan air bersih.
Idealnya bersihkan lidah Anda setiap kali habis sikat gigi di pagi dan malam hari. Bila Anda tak punya cukup waktu untuk melakukannya, Anda cukup membersihkan lidah satu hari sekali pada pagi hari.
5. Periksa Gigi ke Dokter Secara Rutin
Masalah terbesar adalah bahwa banyak orang tidak memeriksakan gigi mereka secara rutin ke dokter gigi, bahkan ada yang tidak pernah memeriksakannya. Padahal, dianjurkan untuk memeriksakan gigi rutin ke dokter paling tidak dua kali dalam setahun. Ketika periksa, dokter gigi punya kemampuan untuk menganalisa gigimu dan memberikan saran yang tepat untuk perawatan gigi ke depan. Atau, paling tidak, saat datang ke dokter gigi, mereka dapat membersihkan karang-karang gigi yang ada di gigimu. Karang gigi ini lho yang sering menyebabkan bau mulut yang nggak enak.
Melakukan perawatan gigi tidak harus menunggu hingga gigi mengalami kerusakan, busuk atau hingga mengganggu kenikmatan saat makan. Mulailah menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dengan rutin melakukan perawatan gigi di atas. Selain itu, hindari makanan yang dapat merusak gigi, karena tidak hanya bisa mengganggu kesehatan gigi Anda, tapi juga bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.