Keju Terpopuler
Keju adalah produk susu terkonsentrasi yang dibuat dari susu hewan yang difermentasi oleh bakteri asam laktat atau tergumpal dengan enzim, dan whey (air sisa pembuatan keju) yang dihilangkan.
Keju itu sendiri memiliki kandungan utama yang terdiri dari protein, lipid, dan nutrisi lainnya. Keju, seperti susu, kaya akan kalsium, seng, dan mineral serta vitamin A dan B2, serta karena dibuat melalui fermentasi, sehingga nutrisi ini lebih mudah diserap oleh tubuh manusia.
Setiap kilogram produk keju berkonsentrasi 10 kilogram protein susu, kalsium, dan fosfor serta nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Proses fermentasi unik keju membuat tingkat penyerapannya dapat mencapai 96%-98%.
Berikut beberapa keju terpopuler yang harus Anda ketahui. Jika Anda menyukai keju, maka Anda harus mempelajarinya!
1. Keju Brie
Brie adalah keju lembut yang terbuat dari susu sapi atau kambing. Ia berasal dari daerah Brie di utara Prancis, seperti namanya. Keju Brie sangat lembut dan dibuat secara handmade, dengan rasa mentega yang kaya, seperti mentega bawang brokoli.
2. Keju Münster
Keju Münster adalah keju yang terbuat dari susu tinggi protein diekstrusi dari sapi yang dipelihara di padang rumput yang bebas polusi di daerah Alsace Prancis. Ia memiliki rasa yang kuat dan merupakan keju lembut.
Roti rye adalah sajian klasik untuk keju ini. Masyarakat setempat di Prancis sering menyajikan keju Muenster dengan kentang atau buah-buahan. Musim terbaik untuk keju Münster adalah musim panas dan musim gugur.
3. Keju Cheddar
Keju Cheddar lebih umum di Inggris. Ia memiliki rasa yang lembut dan tekstur yang halus. Ini adalah keju yang paling banyak dibeli dan dikonsumsi di seluruh dunia. Awalnya diproduksi di Inggris, tetapi sekarang diproduksi di banyak negara di seluruh dunia.
Biasanya, keju Cheddar adalah keju alami yang kompleks, berbentuk drum, dan memiliki selaput luar yang mirip kain alami. Keju ini relatif mudah meleleh dan dapat digunakan untuk membuat pizza atau langsung sebagai camilan.
4. Keju Kambing
Keju kambing memiliki nilai gizi yang tinggi. Seperti namanya, keju ini dibuat dari susu kambing. Rasanya sedikit asam, serta rasanya yang sedikit mirip dengan kacang, dan bentuknya lebih beragam, sebagian besar berbentuk silinder atau berbentuk piramida. Ia bisa dibungkus dengan daun walnut sebagai makanan penutup setelah makan, dipotong tipis di atas salad atau roti, dan dipanaskan di dalam oven.
5. Keju Emmental
Ini adalah keju Swiss yang terkenal di seluruh dunia. Berwarna kuning pucat, permukaannya memiliki banyak pori yang terbentuk oleh asam karbonat selama fermentasi keju. Ia memiliki rasa manis yang ringan pada gigitan pertama, diikuti oleh rasa pedas yang kuat. Kita dapat memotongnya dan menyajikannya di atas roti atau makan dengan anggur putih.
6. Keju Mozzarella
Keju Mozzarella berasal dari selatan Italia. Menurut legenda, curd keju secara tidak sengaja jatuh ke dalam air panas. Biasanya dibuat di Italia menggunakan susu kerbau Italia. Keju mozzarella segar memiliki kandungan air yang tinggi, warna putih murni, penampilan bulat dan menarik, aroma susu yang kaya, dan memiliki rasa yang lembut.
7. Keju Biru
Keju biru adalah jenis keju yang memiliki pola biru yang indah karena pengaruh jamur hijau. Ini adalah varietas keju dengan sejarah lebih dari 2.000 tahun. Ia memiliki rasa pedas dan kuat. Keju biru matang dari tengah ke luar dan merupakan keju setengah lunak dengan tekstur yang longgar dan mudah meleleh.