Filosofi Bunga Teratai
Bunga dikenal sebagai simbol keindahan dari setiap tanaman hingga tak jarang pula para filsuf mampu menemukan berbagai macam makna.
Teratai memiliki bentuk yang unik dan memiliki manfaat yang cukup banyak, terutama di bidang kesehatan. Tidak hanya itu saja, tanaman ini juga ternyata memiliki filosofi yang cukup mencengangkan. Berikut ini filosofi bunga teratai :
Mengingatkan bahwa hidup di dunia hanya sesaat
Sebenarnya, ada beberapa pelajaran berharga dari kehidupan bunga teratai yang indah. Keindahan bunga teratai memang bisa dinikmati dalam waktu yang sangat singkat. Dengan demikian, filosofi makna dari bunga teratai selanjutnya yakni mengingatkan bahwa hidup di dunia tidak akan lama. Perjalanan setiap manusia hanya sementara, kemudian setelah itu manusia pasti akan meninggal dunia dan berpindah kepada alam yang lebih kekal.
Percaya bahwa berbeda dengan yang lain bukan penghalang untuk menjadi yang terbaik.
Gak seperti tanaman lain pada umumnya, teratai tumbuh di lingkungan yang berbeda seperti air keruh dan berbau kurang sedap. Tapi teratai berusaha menutupinya dengan daun yang lebar dan bunganya yang elok hingga yang melihatnya bisa lebih fokus pada keindahannya, bukan lingkungan sekitarnya. Begitu juga kita, lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar yang berbeda serta dipandang rendah oleh orang lain karena dianggap sulit menggapai kesuksesan bukanlah penghalang untuk mencapai cita-cita, bahkan kita bisa mengharumkan lingkungan hidup kita dengan keberhasilan dan kebaikan yang telah kita perjuangkan.
Berbuat baik tanpa mengharap balasan atau imbalan
Baik di dalam pot maupun di kolam, bunga teratai adalah pilihan tepat untuk mempercantik taman. Namun dibalik keindahan bunga teratai, ternyata tumbuhan air tersebut memberi banyak manfaat pada makhluk lain. Bunga teratai pun dapat melindungi ikan dari teriknya matahari, menjadikan daunnya sebagai hinggap serangga dan membantu katak untuk melompat. Seperti teratai, di dalam kehidupan bahwa manusia tidak perlu mengharapkan bentuk imbalan saat membantu orang lain.
Sekalipun berada di lingkungan kotor, teratai tetap bersih dan menunjukkan keindahannya.
Air dan lumpur sangat dibutuhkan teratai untuk bertahan hidup. Meskipun lingkungannya bisa dibilang kotor dan berbau tak sedap, tapi keadaan itu tak menghalangi dirinya untuk menunjukkan keindahan bunganya dan terjaga untuk tetap bersih.
Hal ini menggambarkan bahwa manusia sejatinya memang tetap membutuhkan satu sama lain, meski pada orang yang kurang baik sekalipun. Tapi, bukan berarti kamu harus mengikuti dan meniru kejelekan yang orang sekitarnya biasa lakukan.
Itulah beberapa makna filosofi dari bunga teratai yang dapat kita renungi bersama. Semoga bermanfaat!