Habitat Bunga Seroja
Bunga Seroja atau Lotus adalah tanaman air yang tumbuh dari batang bawah berbonggol yang tergeletak di lumpur.
Seroja atau Lotus (Nelumbo nucifera) merupakan Tumbuhan subtropis dan tropis yang terdapat pada ketinggian sampai dengan 1.400 meter, juga dapat tumbuh di daerah beriklim dingin yang memiliki musim tanam panas minimal 5 bulan.
Bunga lotus tumbuh hampir pada semua iklim, kecuali iklim dingin yang menyebabkan air membeku. Meski lotus tumbuh mengambang di permukaan air, namun sistem perakaran lotus tumbuh kebawah hingga menyentuh tanah atau lumpur untuk menyerap kandungan nutrisi dan unsur hara.
Di iklim yang lebih dingin, ia harus ditanam di air yang lebih dangkal, meskipun kedalamannya tidak kurang dari 30 cm, yang akan lebih cepat panas dan mendorong pertumbuhan dan pembungaan yang lebih baik. Tumbuh paling baik di daerah di mana suhu siang hari tahunan berada dalam kisaran 25 - 30°c, tetapi dapat mentolerir 10 - 40°c. Ketika tidak aktif, tanaman dapat bertahan hidup pada suhu hingga sekitar -5 ° c, tetapi pertumbuhan muda dapat rusak parah pada suhu -1 ° c. Ia lebih menyukai curah hujan tahunan rata-rata dalam kisaran 2.000 - 2.800 mm, tetapi mentolerir 700 - 4.000 mm.
Tanaman ini memerlukan sinar matahari secara langsung, tidak terlalu berangin, serta menyukai perairan yang arusnya tidak terlalu deras dan cenderung tenang.
Nah itulah informasi mengenai habitat bunga seroja. Semoga bermanfaat!