Klasifikasi Tanaman Seroja
Bunga seroja atau lotus nan cantik dan banyak manfaat ini adalah spesies tumbuhan air tahunan dan berasal dari India.
Seroja atau lotus (Nelumbo nucifera Gaertn.) adalah spesies tumbuhan cairan tahunan dari genus Nelumbo yang berasal dari India. Di Indonesia tanaman ini sering kali disebut teratai (Nymphaea) walaupun sebenarnya keduanya tidak berkerabat. Seroja memiliki tangkai bunga tegak dan bunganya tidak mengapung di permukaan cairan, sebagaimana pada teratai. Seroja pernah diketahui dengan nama binomial Nelumbium speciosum (Willd.) atau Nymphaea nelumbo.
Menurut sejarahnya, bunga lotus berasal dari Negara India. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan lambang Negara mereka yang menggunakan bunga lotus sebagai salah satu identitas. Persebaran lotus sangat besar, tercatat dari Irak, lalu ke Iran, India, Eropa kemudian Tiongkok. Habitat aslinya memang berada di air serta dapat tumbuh di semua iklim kecuali iklim dingin, dan tanaman ini memiliki bentuk tangkai tegak namun bunganya tidak menyentuh permukaan air.
Klasifikasi Tanaman Bunga Seroja
• Kingdom : Plantae
• Divisi : Magnoliophyta
• Kelas : Magnoliopsida
• Ordo : Proteales
• Famili : Nelumbonaceae
• Genus : Nelumbo
• Spesies : Nelumbo nucifera
Pengembakbiakan bunga lotus ada dua acara vegetatif dengan cara distek. Genaratif melalui persemaian biji yang sudah berwarna hitam dan tua. Ditaburkan pada genangan air kolam berlumpur.
Banyak kegunaan dari bunga seroja buat manusia. Mulai dari rimpang yang bisa dimakan dan biji yang dapat dibuat tepung sebagai campuran bahan makanan. Kelopaknya dimanfaatkan sebagai minuman teh dengan cara dikeringkan. Sebagai penambah stamina tubuh. Selain itu, diyakini pula dapat menekan nafsu makan seseorang. Cocok bagi mereka yang sedang melaksanakan program diet. Bila dikonsumsi pagi hari bisa melawan rasa kantuk saat berkerja.
Nah itu tadi informasi mengenai klasifikasi bunga lotus. Semoga bermanfaat!