Cara Menanam Tulip
Cara menanam bunga tulip berkut ini bisa anda jadikan panduan menanam bunga tulip yang baik. Bagi masyarakat indonesia mungkin nama bunga tulip ini tidak terlalu asing didengar, namun jika disuruh untuk menggambarkan bunga tulip maka sebagian besar masyarakat akan merasa kesulitan karena mereka mungkin belum mengenali bunga ini dengan baik.
Hal ini sangat wajar karena sebenarnya bunga ini tumbuh di daratan yang memiliki empat musim. Bunga benama latin Tulipa sp ini lebih populer di negara Belanda.
Di Indonesia, bunga tulip ini sering dijumpai pada taman bunga atau perkebunan bunga didaerah pegunungan. Memang tidak semua daerah cocok untuk ditanami bunga ini. Utamanya bunga ini akan tumbuh dengan bak di daerah pegunungan. Akibatnya memang jarang dijumpai ada bunga tulip yang bisa tumbuh dengan baik di dataran rendah Indonesia kecuali dengan perlakuan khusus. Maka dari itu bunga ini tidak mudah ditanam disegala medan sebagaimana cara menanam bunga krokot atau cara menanam bunga melati.
Bunga tulip sangat cocok untuk ditanam sebagai tanaman penghias pekarangan rumah yang luas. Dengan mempunyai ciri tumbuh yang menjulang keatas seperti halnya tanaman jagung. Bunga tulip sangat tidak cocok untuk ditanam pada pot yang berukuran kecil atau sedang.
Sebab bunga tulip bukan bunga Asli Indonesia yang beriklim tropis, maka jangan heran bila bunga tulip akan tumbuh baik pada daerah pegunungan yang mempunyai cuaca dingin.
Bila Anda menanam pada daerah rendah tentu memerlukan perlakukan secara khusus supaya dapat berkembang dan tumbuh dengan baik.
Harga bibit bunga tulip cukup tinggi di pasaran, sebab itulah hal ini menjadi salah satu peluang bagi Anda yang ingin menanam bunga tulip. Bila melihat dari segi harga bibit yang mahal tentu saat bunga mekar akan tinggi harga jualnya.
Biarkan tulip tumbuh dengan sendirinya selama musim dingin - Anda tidak perlu menyirami ataupun memupuknya. Saat musim semi tiba, tulip akan mekar dan menunjukkan bunga indah berwarna-warni.
Tulip adalah tanaman perennial alami, yang berarti tanaman ini akan tumbuh lagi setiap tahun. Hanya saja, di sebagian besar wilayah Amerika Utara, iklim dan kondisi tanah dapat menghambat tulip untuk tumbuh kembali, sehingga tanaman ini perlu ditanam kembali setiap tahun.
Ikuti jadwal menyirami yang benar. Setelah tulip mulai tumbuh, Anda bisa mulai menyiraminya untuk mencegah tanah mengering. Jangan rendam tulip dengan air, karena hal ini bisa merusak umbinya.
Teruskan menyirami tanaman bahkan setelah selesai berbunga. Tulip akan tumbuh kembali tahun depan. Biarkan daun dan batang hijaunya tumbuh di tanaman hingga mengerut dan mati dengan sendirinya.
Berhentilah menyirami tanaman setelah seluruh daun mati dan mengering di atas tanah. Tanaman ini sudah tidak lagi memberi nutrisi bagi umbi, dan tulip perlu masa kering selama musim panas.
Tips
Tanam tulip dengan umbi tanaman berbunga lainnya sedalam 20 cm jika Anda mengalami masalah dengan tikus pemakan umbi. Tikus hanya dapat menggali tanah hingga kedalaman 10 hingga 15 cm.
Gali umbi tulip dari dalam tanah setelah tanaman mati dan simpanlah di dalam tempat gelap dan kering selama musim panas, jika Anda kesulitan menanamnya sebagai tanaman perennial. Hal ini biasanya diperlukan jika Anda tinggal di daerah dengan musim panas yang basah atau jika Anda menanamnya di daerah dengan genangan air.
Semoga Anda menikmati artikel ini!