Cara Merawat Bunga Seroja
Bunga Seroja adalah salah satu spesies tumbuhan air tahunan dari genus Nelumbo yang berasal dari negara India.
Di Indonesia tanaman ini sering kali disebut teratai (Nymphaea) walaupun sebenarnya keduanya tidak berkerabat. Seroja memiliki tangkai bunga tegak dan bunganya tidak mengapung di permukaan cairan, sebagaimana pada teratai. Seroja pernah diketahui dengan nama binomial Nelumbium speciosum (Willd.) atau Nymphaea nelumbo.
Klasifikasi ilmiah Bunga Lotus
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Proteales
Famili: Nelumbonaceae
Genus: NelumboSpesies: N. nucifera
Tidak terlihat tinggi, namun tanaman ini bisa tumbuh mencapai 1 sampai 1,5 meter karena akarnya menyentuh ke dasar air. Biasanya tanaman dengan nama latin Nelumbo nucifera ini terdiri dari beberapa bagian, yakni akar, rimpang, daun dan bunga.
Tanaman dapat mengembang biak dari biji yang sudah tua atau rimpang. Seroja dapat ditanam di pot memuat tanah berlumpur yang berair.
1. Letakkan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung bukan di dalam ruangan atau tempat yang memiliki atap. Tanaman akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan sinar matahari langsung.
2. Letakkan tanaman di tempat yang jarang terkena angin agar tangkai tidak mudah patah karena tertiup angin.
3. Semprot tanaman dengan pestisida setidaknya 2 minggu sekali agar terhindar dari penyakit kutu daun yang kerap menyerang tanaman saat musim hujan.
4. Berikan pupuk cair secara berkala sekitar 2 bulan sekali agar tanaman mendapatkan cukup nutrisi dan zat hara.
5. Sesekali Anda harus memangkas daun yang kering dan layu agar tanaman tetap terlihat cantik.
6. Untuk mencegah agar air yang ditanami tanaman tidak menjadi sarang nyamuk, isi kolam dengan ikan yang dapat memakan jentik-jentik nyamuk.
Demikian artikel mengenai bunga seroja. Semoga bermanfaat!