Ciri Kucing Cacingan
Kucing peliharaan bisa terinfeksi cacing saat bersentuhan dengan kutu, telur, atau partikel yang terinfeksi dalam tinja.
Cacingan menjadi salah satu penyakit pada kucing yang membutuhkan perhatian lebih. Sama halnya dengan manusia, kucing juga dapat terjangkit penyakit tersebut. Cacingan adalah suatu kondisi dimana terdapat sejumlah parasit yang hidup di bagian usus. Salah satu ciri kucing cacingan yang paling umum adalah nafsu makan yang tidak beraturan.
Berikut ini ciri kucing yang cacingan:
1. Gusi terlihat tidak sehat
Jika kucing kamu sehat, maka gusinya akan berwarna merah muda seperti gusi manusia. Namun, apabila gusi kucingmu berwarna putih atau pucat, maka bisa jadi kucing mengalami infeksi parasit.
2. Penampakan cacing
Kamu mungkin melihat penampakan cacing ataupun telur cacing pada kotoran atau muntahan kucing peliharaan. Cacing atau telur terkadang juga dapat bermigrasi ke anus kucing ataupun tersangkut di bulunya.
3. Bulu Rontok
Bulu kusam, kasar bahkan rontok juga dapat diindikasikan ciri-ciri kucing cacingan. Kusamnya bulu kucing bisa muncul karena dehidrasi pada kucing, serta terjadinya penyerapan nutrisi yang buruk akibat infeksi.
4. Perut Buncit dan Turun Berat Badan
Turunnya nafsu makan yang terjadi pada kucing akibat cacingan jika tidak segera diobati akan mengakibatkan kucing mengalami penurunan berat badan. Nah, ciri-ciri kucing cacingan yang keempat juga termasuk turunnya berat badan dan membuncitnya perut kucing.
5. Lesu, letih, dan lunglai
Sering tidur juga merupakan gejala kuat bahwa kucingmu sedang mengalami cacingan. Kucing atau anak kucing yang terkena cacingan akan merasa lesu dan kekurangan energi, karena nutrisinya dicuri oleh cacing.
6. Bulu tampak kusam dan kasar
Gejala yang sangat terlihat ketika kucing mengalami cacingan adalah perubahan yang terjadi pada bulu mereka. Saat mengalami cacingan, bulu kucing akan menjadi kasar atau bahkan menjadi sangat kasar. Walaupun sudah diberi makanan kucing premium khusus untuk bulu, bulu kucing yang cacingan tidak akan berkilau seperti biasanya. Hal ini terjadi karena kucing menjadi dehidrasi dan mengalami penyerapan nutrisi yang buruk akibat terinfeksi oleh cacing.
Nah itu dia ciri-ciri kucing cacingan. Semoga bermanfaat!