Fakta Kucing Savannah
Kucing savannah merupakan salah satu kucing ras hibrida dari hasil persilangan kucing liar serval dari Afrika dengan kucing domestik.
Karena bentuknya yang eksotis dan memiliki corak seperti Cheetah, kucing ini menjadi solusi alternatif untuk dipelihara. Tentunya memelihara kucing buas atau hewan buas seperti Cheetah bukan perkara yang mudah dan tentunya sangatlah sulit. Berikut ini fakta mengenai kucing savannah:
Semakin murni, semakin mahal
Berbicara jenis kucing savannah di pasaran, maka kamu akan mendengar kucing savannah F1, F2, F3, F4, dan F5. Huruf ‘F’ adalah ‘Fillial’ yang artinya keturunan. Misalnya, F1 artinya keturunan pertama dari perkawinan kucing domestik dengan serval dan membawa sifat kucing serval 50%. F2 artinya keturunan kedua hasil persilangan savannah F1 dengan savannah lainnya dan membawa sifat serval 20%. Semakin dekat generasi dengan indukan serval, semakin bagus sifat yang diharapkan (corak tutul gelap, mata berbentuk boomerang, kuping panjang proporsional dengan kepala), maka harganya pun semakin mahal. Jangan heran kalau kucing savannah F1 bisa dibanderol Rp200—280 juta.
Syarat yang Tidak Simpel
Sudah pasti bahwa harganya yang selangit membuat perizinan dari kucing jenis ini tidak mudah juga. Ada beberapa syarat terkait, bila kamu hendak memelihara kucing ini. Sertifikat resmi sampai spesifikasi tempat habitat buatan dari kucing ini harus dipenuhi sebelum pemilik memboyong kucing ini. Karena kamu tidak bisa membuat kucing ini di kandang yang sempit seperti kucing domestik atau ras lain. Kamu sepatutnya membuat habitat buatan mirip sesuatu alam liar, mulai dari kolam, goa buatan serta pepohonan alami untuk membuat Savannah nyaman. Karena kebanyakan kucing seperti ini sangatlah “moody” yang berarti kucing tersebut sangat perasa. Lingkungan yang tidak nyaman dapat membuat kucing ini stress dan sakit- sakitan, meskipun tergolong sebagai kucing keturunan hutan. Terlebih kamu harus memeriksa vaksinasi dari kucing tersebut.
Suka dengan air
Fakta unik kucing savannah lainnya adalah menyukai air. Jika umumnya kucing takut dengan air, tidak dengan kucing savannah. Ras kucing ini suka menyelam dan berenang ke dalam air. Mandi adalah kegiatan yang disukai kucing savannah.
Cerdas dan punya rasa ingin tahu
Dengan pelatihan yang tepat, kucing yang punya rasa penasaran tinggi ini dapat mempelajari perintah sederhana. Misalnya, kamu bisa mengajari kucing savannah cara mengambil mainan. Kucing ini juga menyukai permainan dan teka-teki makanan.
Asal usul
Penampilan unik yang dimiliki kucing savannah merupakan hasil perkawinan kucing liar Afrika dengan kucing Siam domestik. Persilangan ini menciptakan penampilan kucing savannah yang eksotis. Dinamai savannah karena anak kucing pertama yang lahir dari hasil persilangan tersebut diberi nama savannah dan dijadikan nama ras kucing hingga saat ini.
Energik dan atletis
Tidak seperti kebanyakan kucing lainnya yang lebih suka tidur siang sepanjang hari, kucing savannah dikenal energik dan atletis. Kucing ini membutuhkan banyak pergerakan fisik serta interaksi. Jika kamu mencari sosok kucing yang setia dan ceria, kucing savannah bisa jadi teman yang sempurna.
Nah itulah beberapa fakta mengenai kucing savannah. Semoga bermanfaat!