Manfaat Olahraga Golf
Olahraga golf sudah cukup populer di Indonesia, biasanya olahraga ini dilakukan oleh orang-orang yang ingin menghabiskan waktu luang sambil berolahraga. Salah satu alasan yang membuat golf mendapat julukan olahraga mahal adalah biaya yang dikeluarkan untuk bisa bermain golf tergolong cukup tinggi.
Selain itu, golf biasanya hanya ada di kota-kota besar saja.
Golf adalah olahraga luar ruangan yang dilakukan dengan cara memasukkan bola golf ke dalam lubang yang sudah tersedia di lapangan. Pemenang dari permainan golf akan ditentukan oleh pemain yang berhasil memasukkan bola ke lubang dengan pukulan yang paling sedikit. 
Ada dua jenis alat utama yang digunakan pada olahraga golf yaitu bola dan pemukul atau stick golf. Umumnya, lapangan yang digunakan pada permainan golf memiliki ukuran yang sangat luas dengan desain unik. Biasanya, lubang pada lapangan golf terdiri dari 9 sampai 18 lubang. Golf berasal dari Skotlandia.
Lapangan golf tertua di dunia adalah The Old Links yang terletak di Musselburgh. Umumnya, setiap lubang akan diberi rintangan agar permainan golf menjadi lebih menantang. Rintangan ini bisa berupa air atau cekungan yang berisi pasir.
Olahraga ini bisa dilakukan oleh seorang profesional maupun amatiran. Untuk pemain amatir, bermain golf biasanya hanya dilakukan sebagai pengisi waktu luang saja sembari melakukan olahraga yang menyehatkan badan. Sedangkan para profesional bermain golf sebagai pekerjaannya.
Di Indonesia, golf memang dianggap sebagai olahraga mahal, sehingga persentase masyarakat yang melakukan olahraga ini masih tergolong rendah. Selain biaya sewa tempatnya mahal, peralatan yang digunakan untuk bermain golf juga cukup menguras kantong. Meski begitu, olahraga golf memiliki banyak manfaat seperti berikut ini:
1. Dapat Membantu Meminimalisir Stres
Untuk Anda yang sedang stres, golf bisa menjadi penenang yang cukup ampuh. Bermain golf dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meminimalisir stres. Golf biasa dimainkan di tempat terbuka dengan pemandangan alam yang indah.
Bermain golf dapat membantu Anda menjadi lebih sehat dan nyaman berkat indahnya pemandangan di sekitar lapangan tersebut. Lapangan yang luas dengan pemandangan serba hijau dapat membuat jiwa terasa lebih bebas dan tidak tertekan.
2. Membantu Meningkatkan Konsentrasi
Ingin bisa lebih berkonsentrasi saat bekerja? Golf bisa menjadi solusi yang tepat untuk mewujudkannya. Golf merupakan jenis olahraga yang membutuhkan konsentrasi agar bisa menang.
Hal ini secara tidak langsung mengajarkan pemainnya untuk bisa lebih fokus terhadap suatu target. Fokus pada saat memukul bola dan arah ayunan stik golf agar bisa tepat sasaran. Bermain golf secara rutin terbukti dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan tidak membuat fokus mudah teralihkan.
3. Menjaga Detak Jantung Tetap Tinggi
Manfaat olahraga golf yang ketiga untuk menjaga detak jantung tetap tinggi. Bermain golf dapat menghasilkan sedikit latihan untuk jantung Anda. Seperti halnya dengan membakar kalori, berjalan, membawa tas golf, dan mengayunkan tongkat golf akan meningkatkan detak jantung Anda, menjaganya tetap memompa dan meningkatkan aliran darah. Secara alami, ini akan menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol "jahat".
4. Baik untuk Otak
Manfaat olahraga golf yang keempat baik untuk otak. Saat detak jantung Anda meningkat, darah akan mengalir ke otak, yang dapat menstimulasi dan meningkatkan koneksi sel saraf. Ini dapat menunda penyakit mental seperti demensia.
Saat bersaing dengan pemain lain, pegolf juga akan bersaing dengan diri mereka sendiri untuk mendapatkan skor pribadi terbaik. Jenis tantangan ini meningkatkan kepercayaan diri, sementara kesigapan mental yang terlibat dalam penghitungan skor, meningkatkan strategi, dan mendorong koordinasi tangan-mata yang akan membuat otak tetap aktif.
5. Melatih Fisik
Meski terlihat ringan dan tidak terlalu menyita tenaga, golf bisa menjadi latihan fisik yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Anda juga akan diajak berjalan kaki untuk menuju lubang satu ke lubang lain. Seperti yang diketahui, jalan kaki dapat membantu memperlancar peredaran darah agar bisa berjalan dengan stabil. Sebelum bermain golf, para pemain juga perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Latihan fisik ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.
Demikianlah pengenalan olahraga golf beserta manfaatnya untuk tubuh yang wajib Anda ketahui. Meski cukup mahal, olahraga ini worth it untuk dilakukan secara rutin. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?