Samosa Buatan Sendiri
Samosa disajikan untuk sarapan, makan malam, teh sore, di gerobak jajanan, dan sebagai camilan larut malam. Samosa, merupakan camilan yang populer dengan adonan kulit yang diisi dengan isian rasa kari, digoreng dalam bentuk segitiga, lalu dicelupkan ke dalam saus mentega atau saus manis asam. Karena banyak orang India vegetarian, samosa biasanya diisi dengan kentang dan kacang polong dan bisa diberi rasa bawang bombay dan cabai hijau.
Samosa Asia Selatan diyakini berasal dari Asia Tengah pada masa medieval. Penyebutan pertama akan samosa bisa ditemukan pada puisi era Abbasid oleh Ishaq al-Mawsili, yang memuji sanbusaj. Resep untuk hidangan ini bisa ditemukan pada buku-buku masak Arab abad 10–13 dengan nama sanbusak, sanbusaq, dan sanbusaj, yang semuanya berasal dari kata Persia sanbosag. Di Iran, hidangan ini populer sampai abad ke-16, tapi pada abad ke-20 popularitasnya terbatas pada beberapa provinsi, seperti sambusa Larestan. Abolfazl Beyhaqi (995–1077), seorang sejarawan Iran, menyebutkan hidangan ini di dalam sejarahnya, Tarikh-e Beyhaghi.
Samosa India yang bercitarasa kari berbeda dengan kari puff Malaysia, yang biasa dimakan di Malaysia dan diisi dengan daging. Empanada Portugis dan Cornish Inggris adalah kerabat dekat. Berikut langkah-langkah dalam proses pembuatan hidangan lezat ini.
Bahan Utama:
- 3 kentang
- Kacang polong sekitar 1/4 cangkir
- 2-3 siung bawang putih
- Bubuk kari kuning
- Garam
- Box kulit puff pastry (cairkan selama 40 menit - 1 jam sebelum mulai membuat)
Langkah-Langkah:
1. Uap dan kupas kentang, lalu hancurkan menjadi puree (tidak perlu memeras sangat halus. cukup dengan butiran kasar dari kubus kentang).
2. Panaskan minyak di wajan dan tambahkan bawang putih dan kacang polong, tumis sebentar.
3. Tambahkan bubuk kari dan tumis selama beberapa menit agar aroma keluar (tetap dengan api rendah, karena ini akan mudah membuat kualitas pasta bubuk kari kurang baik jika panas terlalu tinggi).
4. Tambahkan kentang, aduk rata dan tambahkan garam secukupnya. Cicipi dan tambahkan lebih banyak bubuk kari jika rasa kari masih lemah.
5. Puff pastry yang Anda beli memiliki 2 lembar kulit di dalamnya. Setiap lembar adalah sekitar 9 x 9 inci. Cairkan kulit dan gilas sedikit dengan gilasan untuk menjadi ukuran 12 x 12 inci.
6. Bagi masing-masing kulit menjadi 9 bagian.
7. Letakkan 2 sendok makan isi di atas kulit, celupkan semua sisi ke dalam air dan tutup membentuk segitiga, lalu jepit dengan garpu di sekitar ujungnya dan olesi permukaannya dengan telur.
8. Panggang dalam oven suhu 350F selama 18-20 menit.
9. Panggang hingga bagian atasnya kecoklatan dan berubah warna.
10. Samosa lezat siap untuk dinikmati.