Macaron
Macaron adalah makanan penutup asal Perancis yang terbuat dari putih telur, almond halus, gula pasir, dan gula bubuk, kemudian disajikan dengan selai buah atau krim. Isian macaron bervariasi dari manis (vanila, buah, dll.) hingga asam (beri, lemon, markisa, dll.) hingga asin (keju, kacang-kacangan, kaviar, salmon, dll.) hingga pedas (chipotle). Isian lebih penting daripada kulit, karena memberi macaron jiwa, dimana kualitas isian langsung menentukan kualitas macaron.
Macaron memiliki rasa yang sangat manis, jadi disarankan memakannya dengan segelas teh atau segelas kopi hitam. Macaron pertama kali muncul di Italia pada Masa Abad Pertengahan. Berkat kemakmuran perdagangan maritim, Perancis menemukan kue kecil yang dibuat oleh orang Italia dengan permukaan renyah dan isi yang fluffy dan menamainya macaron. Itu artinya adalah makanan penutup yang lezat. Juga dikatakan bahwa macaron berasal dari seorang putri Italia yang menikah dengan orang Perancis pada abad ke-16. Karena merindukan kampung halamannya, maka ia membuat jenis kue yang biasa ia makan di kampung halamannya. Pada awalnya, tidak ada isian, dan kemudian berkembang menjadi ada isian didalamnya, yang segera menjadi spesialisasi hidangan Perancis.
Cara membuat macaron dirumah, sebagai berikut.
Bahan Utama:
- Tepung Almond 40g
- Gula Bubuk 55g
- Putih telur 33g
- Gula Pasir 22g
- Krim Keju 35g
- Mentega 15g
Langkah-Langkah:
1. Potong kecil krim keju dan mentega, lalu empukkan pada suhu ruangan sampai membentuk pasta. Ayak gula bubuk.
2. Kocok rata dengan pengocok listrik. Tutup dengan plastik dan dinginkan.
3. Ayak gula bubuk dan tepung almond.
4. Tambahkan 22g gula pada putih telur dan kocok dengan pengocok listrik sampai menjadi kaku. Tambahkan tetesan pewarna makanan jika ingin membuat warna dan kocok rata.
5. Masukkan kocokan putih telur ke dalam campuran gula halus dan tepung almond, kemudian aduk rata dengan cara pengadukan. Awalnya tidak mudah untuk membaliknya, tetapi Anda juga bisa menggunakan metode pencetan untuk mencampurnya terlebih dahulu.
6. Masukkan dalam piping bag dan semprotkan ke atas loyang. Ketuk loyang beberapa kali untuk mengeluarkan gelembung, dan gunakan tusuk gigi untuk menghilangkan gelembung.
7. Panaskan oven dengan udara panas atas dan bawah pada suhu 70 derajat, dan letakkan loyang di dalam oven selama sekitar 20-30 menit. Anda bisa membuka oven dan menyentuh permukaannya dengan tangan, hingga menjadi tekstur yang elastis, dan tidak lengket.
8. Panaskan oven atas dan bawah hingga 170 derajat Celsius. Setelah pemanasan, masukkan dalam oven dan panggang selama sekitar 7 menit. Lalu panggang pada suhu 120 derajat selama sekitar 13 menit.
9. Biarkan dingin dan isi dengan isian. Rasanya lebih enak jika didinginkan di lemari es.
Pembuatan macaron dikatakan sulit untuk dikuasai, tetapi jika Anda menguasai metode pembuatanya, maka tentunya ini tidak akan terasa sulit. Jika Anda membuat macaron untuk pertama kalinya, maka Anda juga bisa berlatih dengan pengolahan tepung terlebih dahulu. Baik Anda menggunakan tepung biasa atau tepung almond, metode yang digunakan adalah metode yang sama.