Kelezatan Panekuk
Panekuk adalah jenis kue yang terbuat dari baking powder atau baking soda sebagai bahan pengembangnya. Panekuk berasal dari Belgia, tetapi setelah diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1620, panekuk menjadi salah satu sarapan paling populer di Amerika.
Panekuk yang dibeli di supermarket biasanya lebih tipis dan bisa dimasukkan ke dalam toaster. Beberapa restoran juga menjual panekuk yang dibuat secara manual dan biasanya lebih tebal. Panekuk dapat disajikan dengan mentega, sirup madu atau cokelat, serta ditaburi buah-buahan dan dihias dengan icing.
Bahan utama dalam pembuatan panekuk adalah tepung. Gluten basah yang terbentuk dari adonan tepung dan air akan menghasilkan uap air saat dipanggang di dalam oven. Semakin tinggi kelembaban saat memanggang, semakin tinggi tekanan uap air dan semakin besar gaya ekspansi gluten basah di dalam panekuk.
Selain itu, bahan yang bisa memproduksi lapisan seperti lemak juga diperlukan dalam pembuatan panekuk. Lapisan lemak dan adonan muffin terisolasi satu sama lain, membentuk lapisan adonan dan lemak yang teratur di dalam panekuk setelah dipanggang.
Bahan Utama:
- 260 g tepung
- 260 g susu
- 2 butir telur
- 40 g mentega
- 50 g gula
- 8 g baking powder
- Sirup maple
Cara Membuat:
1. Cairkan mentega dengan pemanas.
2. Tuangkan susu ke dalamnya dan aduk rata.
3. Masukkan telur ke dalam mangkuk dan tambahkan gula.
4. Tambahkan campuran telur ke dalam susu dan mentega, kocok rata.
5. Ayak tepung dan baking powder.
6. Campurkan semua bahan tersebut.
7. Aduk rata sampai terbentuk adonan.
8. Panaskan panci tanpa minyak. Tambahkan satu sendok adonan langsung ke panci dan masak dengan api kecil selama satu menit. Jika muncul gelembung besar pada permukaan adonan, lalu balik panekuk.
9. Masak selama satu menit lagi, dan perhatikan agar tidak terlalu matang.
10. Panekuk siap disajikan.
Sajikan dengan buah segar seperti stroberi, raspberry, dan blueberry di pagi hari. Jangan lupa untuk menambahkan mentega dan sirup maple secukupnya.
Selamat mencoba membuat panekuk sendiri di rumah!