Sahabat Lautan
Lumba-lumba adalah nama kolektif untuk sekelompok mamalia air di keluarga Delphinidae. Mereka adalah paus bergigi kecil atau sedang. Mereka menyebar di semua lautan di dunia.
Mereka juga ditemukan di perairan payau dekat laut pedalaman dan muara sungai. Setiap spesies dapat ditemukan di sungai pedalaman. Biasanya lebih suka tinggal dalam kelompok.
Keluarga Delphinidae berasal dari Miosen sekitar 10 juta tahun yang lalu. Ada 17 genus dan hampir 40 spesies. Ini adalah keluarga paus terbesar. Paus pilot, paus pembunuh, dan cetakan hitam lainnya juga termasuk dalam keluarga ini. Kerabat modern Delphinidae adalah Phocoenidae dan Monodontidae, yang secara bersama-sama membentuk Delphinoidea.
Lumba-lumba memiliki perisai fusiform. Kulitnya halus dan tidak berbulu. Tubuhnya atletis dan lincah. Mahir melompat dan menyelam. Ini adalah mamalia yang bergerak paling cepat di air. Memiliki sistem sonar yang berkembang baik, dimana sangat mengandalkan fungsi echolocation saat aktif. Pendengaran yang baik di air dan udara. Lubang hidung berada di bagian atas kepala dan digunakan untuk keluar dari air untuk udara. Lumba-lumba memiliki tubuh dengan ukuran berkisar dari 1 meter panjang dan 30 kg (lumba-lumba kerdil) hingga 9,5 meter panjang dan 14 ton (paus pembunuh). Fitur morfologi juga bervariasi. Mereka memiliki celah otak yang kompleks dan daya ingat yang baik. Mereka dapat mempelajari banyak gerakan dengan pelatihan manusia. Mereka adalah salah satu keluarga hewan yang paling cerdas. Mereka memiliki kepribadian yang lembut, ramah, dan pintar, dimana mereka telah dicintai oleh banyak orang di seluruh dunia.
Lumba-lumba betina membutuhkan sekitar lima tahun untuk menjadi matang secara seksual dan berovulasi. Namun, dibutuhkan beberapa tahun lagi sebelum mereka sepenuhnya subur. Setelah matang, lumba-lumba jantan menghabiskan hari-harinya dalam kelompok betina, mencari pasangan yang dimaksudkan. Setelah mereka menemukan satu sama lain, mereka terlibat dalam ritual perkawinan singkat sebelum berangkat berpindah ke daerah lain.
Sebagai mamalia, lumba-lumba berbagi banyak karakteristik dengan manusia. Meskipun mereka hidup di laut, yang berbeda dari lingkungan berbasis daratan manusia, ada beberapa perbedaan kecil dalam cara mereka dilahirkan. Lumba-lumba muda lahir dengan ekor terlebih dahulu, sedangkan bayi manusia lahir dengan kepala terlebih dahulu. Lumba-lumba betina biasanya membawa bayinya selama sebelas bulan sebelum melahirkan.
Saat lumba-lumba betina melahirkan, ia pertama-tama melengkungkan tubuhnya dan berenang dengan kuat ke depan, dengan membungkukan ekornya. Ini berlangsung selama hampir satu jam sebelum ujung lobus ekor janin mulai muncul. Dalam dua jam berikutnya, lumba-lumba bayi lahir, dengan berat sekitar 10 kg, yang mewakili 5% dari berat tubuh induk dan 45% dari panjangnya. Begitu seluruh tubuh anak lumba-lumba muncul dari tubuh induk, dimana induk dan lumba-lumba betina lain akan membantunya ke permukaan untuk mengambil napas pertamanya, setelah itu ia akan mengikuti induknya. Sementara induk berada di air melahirkan, lumba-lumba betina lain berkumpul bersama untuk melindungi diri dari hiu dan paus pembunuh. Setelah lahir, sementara induk mencari makan, lumba-lumba lain mengurus anak lumba-lumba yang baru lahir, membentuk lingkaran sehingga anak lumba-lumba dapat bermain dengan aman di dalamnya.
Lumba-lumba baru lahir terutama akan meminum susu dari induknya, sehingga mereka harus tetap dekat dengan induknya sejak lahir. Baru ketika mereka berusia sekitar tiga tahun, ia akan belajar memancing dan keterampilan kelangsungan hidup lainnya dan kemudian perlahan-lahan pindah dari kelompok induk mereka untuk tinggal dengan teman sebayanya. Lumba-lumba muda menghisap susu dari puting di kedua sisi saluran reproduksi induk. Saat menyusui, induk akan selalu memiringkan perutnya untuk mendekatkan puting ke mulut anaknya. Susu diarahkan ke dalam mulut anak lumba-lumba oleh tabung yang terbentuk oleh lidah anak dan puting induk, bergantian antara kedua puting itu. Setelah setahun, berat lumba-lumba muda meningkat menjadi 64 kg dengan panjangnya adalah 0,6-0,7 m.