Jenis Jenis Kelinci
Selain kucing dan anjing, terdapat banyak alternatif hewan peliharaan yang cocok untuk menemani keseharian. Misalnya adalah kelinci. Tak hanya tingkahnya yang aktif dan lucu, kelinci memiliki warna dan jenis bulu yang enak dipandang. Bahkan, kelinci juga nyaman untuk dipeluk.
Selain itu, kelinci terdiri atas dua jenis, yaitu kelinci hias dan kelinci yang bisa dikonsumsi. Jika hendak memelihara kelinci, tentu saja kelinci hias adalah yang paling cocok.Berikut adalah jenis jenis kelinci.
1.Kelinci Anggora
Tak hanya kucing saja yang berasal dari ras Anggora, jenis kelinci hias pun begitu. Kelinci anggora berasal dari Ankara, Turki. Layaknya kucing, kelinci anggora juga berbulu lebat dan lembut yang membaluti seluruh tubuhnya. Bahkan, terkadang wajahnya tidak terlihat karena tertutup bulu.
Kelinci jenis ini awalnya ditemukan oleh pelaut Inggris lalu dibawa ke Prancis pada tahun 1723. Bobotnya sekitar 3,5 kg. Jika biasanya kelinci sangat aktif berlarian kesana-kemari, kelinci anggora justru lebih kalem dan tenang. Harga kelinci anggora biasanya dijual dengan kisaran angka Rp 600 ribu hingga Rp 2 juta.
2.Kelinci Rex
Ada banyak ras kelinci yang populer, diantaranya adalah jenis Rex. Kelinci rex tergolong yang sangat jinak dan menyenangkan untuk dipelihara bersama dengan keluarga manapun. Mereka juga memiliki bulu pendek dan mewah yang memiliki tekstur yang indah. Ras ini bermula dari spesies kelinci abu-abu liar di sebuah desa Perancis pada 1919. dan terkenal dengan bulunya yang indah.
3.Kelinci Polandia
Kelinci Polandia adalah jenis yang kecil dengan tubuh yang tegap, dan mata yang besar. Mereka juga memiliki sifat lembut, penyayang, cerdas, suka dipeluk. Jadi tak mengherankan kalau mereka menjadi hewan peliharaan yang baik untuk anak-anak maupun yang berkepribadian tertutup.
Menariknya, mereka juga merupakan jenis paling populer yang digunakan oleh pesulap untuk pertunjukan. Karena ukurannya, mereka juga sesuai bagi Anda yang tinggal di apartemen karena mereka tidak membutuhkan banyak ruang. Sangat menggemaskan bukan?
4.Kelinci Mini Lop
Mini lop adalah jenis kelinci dengan telinga lop terkecil kedua di Amerika Serikat. Ciri khasnya adalah telinga yang bulat dan berbulu lebat menjuntai secara vertikal ke sisi kepala. Lucunya, bentuk telinganya mirip dengan kuncir rambut di dua sisi.Mini lop beratnya bisa lebih dari 6 pon atau lebih besar dari yang dibayangkan banyak orang. Kendati bulunya indah, mereka juga mudah dirawat karena sangat umum ditemukan sebagai kelinci rumahan.
5.Kelinci Fuzzy Lop
Bentuk ras ini mirip dengan Holland lop dengan berat 3 hingga 4 pound. Telinganya tidak berdiri tegak dan hanya terkulai ke samping dengan moncong pendek dan rata seperti kucing. Bulunya tidak mudah kusut, tetapi bulu di sekitar ekor mudah kusut jika mereka sering duduk.
Setelah mengetahui beragam jenis kelinci, mana yang menarik minat para pecinta kelinci untuk di pelihara ?