Cara Melatih Kucing
Sebagian orang suka membanding-bandingkan kucing dan anjing. Katanya, kucing tidak sepatuh dan penurut seperti anjing, justru cenderung cuek. Apakah benar demikian?
Faktanya, pemilik bisa melatih kucing supaya jadi penurut, Kamu hanya perlu menyiapkan kesabaran dan konsistensi. Yuk coba trik ini dengan kucing kesayangan anda di rumah.
1.Melatihnya Sejak Dini
Latihlah kucing sedini mungkin supaya ia bisa belajar dan menghormati batasan. Pastinya, kamu tak ingin punya kucing yang suka mengobrak-abrik tempat sampah, mencakar sofa, atau terus-menerus melompat ke atas meja dan tiduran di atas laptopmu, kan?
Menurut survey dari berbagai sumber , melatih kucing sedari dini berguna untuk mengajarkan keterampilan dan perilaku sosial yang baik, memperkuat ikatan (bonding) dengan pemiliknya, serta menjaga pikiran dan tubuhnya agar tetap aktif.
Di sarankan untuk mulai melatih anak kucing sejak usia 2 minggu. Atau setelah anak kucing bisa berjalan dengan stabil.
2.Selalu Memberikan Hadiah Berupa Makanan atau Catnip
Saat melatih kucing, jangan lupa memberikan hadiah berupa makanan padat atau cair, bisa juga berupa catnip.
Hal ini bisa menjadi cara melatih kucing anggora dewasa agar dapat menurut kepada pemilik , dan ini berlaku untuk kucing jenis apa pun, termasuk kucing kampung.Seperti saat melatih anjing kita harus memberikan hadiah berupa makanan jika kucing kita dapat melakukan apa yang kita mau , car aini akan mempercepat kucing dalam belajar suatu hal baru.
3.Melatih Buang Air di Kota Pasir (Litter Box)
Banyak cara melatih kucing agar tidak pup sembarangan atau juga cara melatih kucing buang air di toilet.
Kamu bisa menaruh litter box di dekat kucing atau menaruh kucing di dalamnya, secara insting kucing akan buang air besar atau kecil di sini. Kamu bisa menunggu hingga kucing membuang air besar atau kecil di dalam box baru di keluarkan dari box , dia sudah
4.Tidak disarankan untuk memberi hukuman
Berbeda dengan anjing, kucing tidak memahami atau merespons hukuman dengan baik. Justru, hukuman bisa membuat mereka lari terbirit-birit dan bersembunyi dari kita. Bahkan, hukuman bisa membuat kucing stress.Jadi bagi pecinta kucing harus di perhatikan hal-hal ini.
Laman Daily Cat App tidak menganjurkan menghukum dengan berteriak kencang atau memukul hidung mereka. Ini bisa membuat kucing takut dan hilang kepercayaan terhadap kita.
Solusinya adalah mendorong perilaku baik dengan hadiah jauh lebih efektif dari hukuman, Hadiah ini bisa berupa camilan favoritnya, pujian, atau elusan penuh kasih sayang. Dengan cara ini, kucing akan mengasosiasikan perilaku positif dengan imbal balik hadiah.
5.Gunakan "clicker" untuk melatih kucing
Sama seperti anjing, kita bisa memakai clicker untuk melatih kucing. Clicker adalah latihan berbasis penghargaan. Setiap bunyi "klik" harus diikuti dengan pemberian hadiah ke kucing. Bagaimana implementasinya?
Contohnya, jika kita ingin mengajari kucing duduk, klik clicker segera setelah ia duduk dan berikan camilan kecil untuk mengapresiasi usahanya, jelas laman Hill's Pet. Jika dilakukan berulang-ulang, kucing akan mengaitkan suara "klik" dengan perilaku dan imbalan.
Itulah trik dan tips yang bisa diterapkan untuk membuat kucing jadi penurut dan patuh. Langsung coba ke kucingmu.