Air Terjun
Air terjun adalah penurunan vertikal air secara tiba-tiba dari aliran dinding gunung atau dasar sungai. Dari jauh, air terjun terlihat seperti kain berwarna putih yang tergantung indah kebawah. Dalam geologi, fenomena sungai yang jatuh secara vertikal dari ketinggian yang tinggi ketika mengalir melalui patahan dikenal sebagai air terjun.
Pada sebagian besar, sungai memuluskan ketidaksempurnaan di jalurnya melalui proses erosi dan pengendapan. Setelah beberapa waktu, profil sungai akan membentuk lengkungan yang mulus. Bagian sungai paling curam terletak di sumbernya dan paling ringan di bagian mulutnya. Air terjun membuat lengkungan ini dan menunjukkan terjadinya proses erosi.
Dalam beberapa kasus, lokasi air terjun mundur ke hulu ketika tebing atau punggung curam dicuci oleh arus. Dalam kasus lain, erosi cenderung menjulur ke bawah dan menebas diagonal seluruh bagian sungai yang berisi air terjun.
Seiring waktu, kombinasi faktor-faktor ini membuatnya tidak dapat dihindari, bahwa setiap air terjun yang mungkin terbentuk akan hilang. Energi sungai pada akhirnya akan menghasilkan profil yang relatif halus, atau cekung ke atas.
Bahkan dalam ketidakhadiran reruntuhan sebagai alat untuk erosi sungai, jumlah energi yang dapat digunakan untuk mengikis dasar air terjun sangatlah besar. Tebing akan terus runtuh di bawah dampak arus yang kuat dari air, menyebabkan air terjun mundur ke hulu dan mengurangi ketinggiannya, akhirnya menyebabkan air terjun menghilang.
Angel Falls adalah air terjun di Sungai Charan, anak Sungai Caroni, di Guyana Plateau dari Negara Bolívar, Venezuela. Dengan jarak kejatuhan sejauh 979 meter (3.212 kaki), itu merupakan air terjun tertinggi di dunia. Dasarnya lebar sekitar 150 meter (492 kaki). Di bagian atas Sungai Kongo di Afrika, banyak air terjun membentuk Air Terjun Kisangani, dimana merupakan air terjun terpanjang di dunia. Air terjun ini terutama tersebar di sepanjang sungai sepanjang 100 kilometer, dan ukurannya bervariasi dari besar hingga kecil.
Beberapa air terjun memiliki ukuran yang cukup besar, dengan ketinggian jatuh hingga 50 meter. Terbesar adalah 800 meter lebarnya. Air terjun tunggal terpanjang adalah Air Terjun Iguazu, yang lebarnya mencapai 4.000 meter, dimana ini merupakan air terjun yang indah. Air Terjun Iguazu adalah air terjun terbesar di Amerika Selatan. Terletak di perbatasan antara Argentina dan Brasil, yang dibagi oleh kedua negara tersebut, dimana ia selalu menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya.