Wisata Bahari Di Indonesia
Indonesia merupakan negara yang terdiri dari pulau-pulau yang dikelilingi lautan dari sabang sampai merauke. Banyaknya biota laut dan terumbu karang yang hidup, membuat wisata bawah laut Indonesia sebagai salah satu yang terbaik didunia sehingga memiliki daya tarik wisatawan asing atau lokal.
Berikut daftar wisata bahari mana saja yang patut kamu kunjungi:
Pantai Pink, Pulau Komodo
Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini seakan tak pernah ada habisnya untuk dikulik. Tak hanya hutan bakaunya yang tetap hijau meski diterpa kemarau, keindahan panorama pulau ini juga terlihat di pesisir pantai dan biota lautnya. Hamparan pasir berwarna pink siap membuat matamu terpesona dilengkapi dengan lautnya yang biru jernih. Pantai yang sebenarnya bernama Pantai Tangsi ini memiliki warna pink yang berasal dari serpihan karang dan biota lain yang terbawa arus ke daratan dan bercampur dengan pasir pantai. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan laut dengan cara snorkeling dan diving.
Bunaken
Keistimewaan wisata bahari di Indonesia Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir. Hampir 97 persen merupakan habitat laut yang menghuni di kedalaman 1.566 meter di teluk manado, sedangkan sisanya tiga persen meliputi daratan seluas 75.265 Ha. Di antara ekosistem karang, terdapat sekitar 3.000 jenis ikan, seperti ikan ekor kuning, kuda ikan gusumi, dan gorapa. Ada juga spesies langka seperti lumba-lumba, sapi laut, dan dugong. Selain itu, berbagai jenis ikan hias, seperti Emperor angelfish, Almaco jack, Spotted seahorse, Blue strie snaper, Pinkish basslet dan two lined monocle bream, bakal semakin memanjakan mata.
Raja Ampat
‘Surga di ujung Papua' merupakan istilah yang cocok untuk disematkan bagi kepulauan Raja Ampat ini. Raja Ampat bisa dikatakan sebagai salah satu surganya wisata bahari. Perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, berupa 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.
Hal inilah yang membuat Raja Ampat menjadi tujuan wisata bahari bagi wisatawan di seluruh dunia. Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten bagian dari Papua Barat. Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa menggunakan kapal dari Kota Sorong Papua.
Wakatobi
Terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Kedalaman air di taman nasional ini bervariasi, bagian terdalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.
Topografi bawah lautnya juga jauh dari definisi monoton, mulai dari yang berbentuk slop, flat, drop-off, atoll, dan gua bawah air. Wakatobi merupakan rumah bagi beberapa jenis burung laut, seperti angsa batu cokelat, cerek melayu, dan raja udang erasia. Juga, sederet jenis penyu, termasuk penyu sisik, penyu tempayan, dan penyu lekang.
Pulau Sepa
Tempat wisata bahari di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Sepa. Hanya 90 menit dari Marina Ancol. Kondisi air laut yang jernih dan bersih sangat cocok untuk snorkeling. Pantainya yang landai serta pasir putih menjadikan Pulau Sepa merupakan pulau yang indah. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara berjemur di pinggir pantai. Pulau Sepa terkenal sebagai Paradise untuk para diver.
Pulau Dolphin
Tempat wisata bahari di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Lumba-lumba. Pulau Lumba-lumba juga pulau yang tidak kalah dari pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Lumba-lumba ini masih sangat alami dan sepi jadi penggunjung akan nyaman dan damai. Pulau ini sangat cocok untuk kalian yang suka berkemah. Pulau Lumba-lumba memang bisa dilihat dari luasnya yang masih kecil dibandingkan dengan pulau yang lain, namun keindahan alam yang disuguhkan tidak perlu diragukan lagi. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Pulau Dolphin adalah snorkeling.