Tips Make Up Natural
Sebagian wanita tentu menginginkan make up natural dan tahan lama. Namun, bagi orang yang memiliki tipe kulit berminyak, hal tersebut cukup menyulitkan. Nah, bagaimana tips make up natural dan tahan lama itu?
Minyak yang berlebihan membuat wajah terlihat kinclong dan make up di kulit wajah bisa meleleh. Tidak perlu risau, hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa tips make up natural yang tepat. Berikut langkah-langkah tips make up natural dan tahan lama dilansir dari berbagai sumber. 
1.Hidrasi kulit
Kulit berminyak bukan berarti boleh tidak menggunakan pelembab. Justru langkah ini penting agar kulit tetap terhidrasi dan kelenjar minyak tidak bekerja berlebihan. Pilihlah pelembab yang berbasis gel karena bisa melembabkan tanpa membuat kulit jadi licin atau berminyak.
Pilihlah produk yang multiguna, contohnya primer pelembab yang sudah mengandung SPF. Hal ini dilakukan demi mencegah pengelupasan karena  pemakaian produk yang berlapis. 
2. Gunakan Primer 
Penggunaan primer juga penting agar make up menempel sempurna pada kulit. Untuk kulit berminyak, fokuslah pada bagian-bagian yang membutuhkan seperti area T-zone (dahi-hidung-bagian bawah bibir). Primer juga membantu mengecilkan pori-pori sehingga make up terlihat flawles. 
3. Gunakan setting spray sebelum menggunakan foundation
Kebanyakan orang menggunakan setting spray setelah selesai make up.  Untuk kulit berminyak, gunakanlah sebelum memakai foundation. Teknik ini bisa membuat make up lebih tahan lama dan wajah jadi lebih lembab.
 4. Aplikasikan foundation dengan tepat
Tips make up natural berikutnya adalah pemakaian foundation dengan tepat. Untuk kulit berminyak sebaiknya gunakan alas bedak bertekstur cair. Bisa juga mengaplikasikan foundation dengan spons basah.
Jika diperlukan, gunakan concealer bertekstur kental untuk menutupi bekas jerawat dan lingkaran hitam. Gunakanlah tipis-tipis sampai setidaknya menutupi noda atau kulit wajah yang tidak merata. Pilihlah foundation sesuai warna kulit agar terlihat natural. 
5.Pilih tipe make up yang sesuai
Hindari make up Dewy karena akan membuat kulit terlihat berminyak setelah dua sampai tiga jam. Pilihlah make up warna matte untuk tampilan lebih natural. Hindari highlighter yang memberikan efek mengkilap. 
Pilihlah produk riasan wajah dengan konsistensi cair atau krim, misalnya cream blush dan face contour. Produk dengan tekstur cair bisa menyerap ke dalam kulit. Produk bubuk justru menyatu dengan minyak sehingga rawan luntur. 
6. Jangan abaikan riasan mata
Gunakanlah primer pada kelopak mata sebelum mulai memakai eyeshadow agar tidak mudah luntur. Fokus juga pada bagian bawah mata yang sering mengeluarkan minyak.
Aplikasikan bedak tabur di area bawah mata. Lalu biarkan bedak mengeras dan menyerap minyak. Kemudian gunakan kuas untuk membuang bedak yang tersisa.  
7. Sapukan bedak dengan kuas
Pilihlah bedak bertekstur halus dan lembut. Aplikasikan dengan kuas. Usapkan dengan lembut pada bagian dahi, hidung, bawah bibir, dan dagu. Sebaiknya gunakan loose powder atau transparent powder. 
Demikianlah tips make up natural yang tepat dan tahan lama.