Memilih Peralatan Sekolah
Menjelang tahun ajaran baru, sudah tentu anak memiliki kebutuhan perlengkapan sekolah. Memang tidak selamanya harus baru, tetapi pasti ada beberapa perlengkapan yang harus kamu siapkan untuk si kecil.
Peralatan sekolah yang baru juga bisa jadi pemberi semangat anak masuk sekolah. Kebutuhan yang paling penting adalah tas, sepatu, seragam, dan alat tulis. Namun sebelum membeli ada beberapa tips yang harus kamu ketahui agar tidak salah dalam membeli keperluan sekolah anak. Berikut tips yang bisa kamu intip ya, bu.
1. Pilih tas yang ukurannya pas dan berfungsi maksimal
Kebutuhan pertama anak sekolah adalah tas. Ada beberapa tips memilih tas sekolah anak. Tidak seperti tas saat si kecil masih TK, ukuran tas untuk anak yang sudah Sekolah Dasar memiliki beberapa kriteria. Pertama ukuran tas harus pas dengan kebutuhan barang yang akan dibawa.
Sebaiknya pilih tas ransel yang punya busa empuk pada bagian pundak. Sehingga anak tidak mudah pegal apalagi lecet. Pilih juga tas yang punya beberapa bagian kantong dengan ritsleting untuk menyimpan alat tulis. Biasanya tas ransel juga memiliki kantong di bagian samping yang berguna untuk menyimpan botol minum dan payung. Jadi dengan tas ini anak bisa membawa keperluan sekolahnya dengan efisien dan mengurangi tentengan saat ke sekolah.
2. Pilih sepatu anak yang nyaman dan ukurannya tidak pas-pasan
Keperluan sekolah anak berikutnya yang cukup penting adalah sepatu. Pemilihan sepatu sebaiknya harus teliti karena sepatu akan digunakan sehari-hari oleh anak. Untuk sepatu sekolah sebaiknya pilih sepatu model kets yang nyaman. Pilih sepatu yang solnya empuk dan tetap membuat anak nyaman walau dipakai seharian.
 
Untuk anak yang masih sulit mengikat tali sepatu, kamu bisa pilihkan sepatu kets model strap yang lebih mudah digunakan. Selain itu untuk ukuran sepatu jangan pilih yang ukurannya pas-pasan karena kaki anak-anak biasanya masih bertumbuh dengan cepat. Kamu bisa lebihkan 1 nomor dan juga jangan terlalu longgar. Ikuti aturan pemakaian sepatu di sekolah juga akan mengajarkan anak disiplin dan mematuhi peraturan. Jika si kecil punya sepatu favorit yang kurang pas untuk sekolah, bisa digunakan saat bepergian atau jalan-jalan bersama keluarga.
3. Penuhi kebutuhan alat tulis sekolah yang sudah pasti digunakan
Alat tulis sekolah anak biasanya terdiri dari dari pensil, penghapus, rautan, buku tulis, kotak pensil, krayon, buku gambar, dan penggaris. Ada juga beberapa tambahan sesuai dengan kebutuhan sekolah yang harus dipenuhi. Sebelum belanja, kamu bisa mendata alat tulis mana yang harus dibeli baru dan mana yang masih bisa dipakai lagi. Seperti misalnya pensil warna, jika masih dalam kondisi baik dan jarang digunakan, si kecil bisa gunakan lagi sampai benar-benar perlu ganti dengan yang baru.
Dengan membiasakan membeli alat tulis yang benar-benar dibutuhkan, kamu juga akan mengajarkan si kecil untuk tidak boros. Selain itu alat tulis yang masih bisa digunakan juga tidak terbuang percuma dan masih bisa digunakan kembali. Atau bisa juga tetap membeli namun dijadikan stok ketika alat tulis yang lama sudah harus diganti.