Manfaat Olahraga Mendayung
Mendayung adalah olahraga yang sangat jarang dilakukan, sebab untuk melakukannya kita perlu mendatangi tempat yang khusus.
Olahraga dayung bukan olahraga yang sering ditemui seperti cabang olahraga lain seperti sepak bola atau bulutangkis. Sebab, olahraga ini membutuhkan alat-alat yang sulit didapat seperti perahu dan alat mendayung itu sendiri. Berikut ini manfaat olahraga mendayung:
Memperbesar Kapasitas Kardiovaskular
Menjalani olahraga dayung akan membuat percepatan jantung meningkat. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh lebih cepat. Dengan cara ini, jantung, arteri, dan vena dapat mengangkut darah beroksigen dan mengevakuasi yang terdeoksigenasi. Selain itu, manfaat ini juga mendukung pertukaran gas yang dihasilkan di paru-paru.
Menguatkan Genggaman
Manfaat lainnya dari olahraga mendayung adalah menguatkan genggaman, karena saat melakukan olahraga ini kamu akan memegang alat dayung dengan sekuat mungkin dan terus bergantian mendayungnya menggunakan tangan kanan dan kiri.
Menghilangkan lemak
Jenis olahraga dayung dapat membantu mobilisasi lemak dalam tubuh sehingga terkonversi maksimal menjadi energi. Menurut penelitian, berolahraga intensitas sedang seperti rowing selama 150 menit sepekan bisa membantu menghilangkan lemak.Selain olahraga dayung, sertakan pula olahraga angkat beban untuk mendapatkan hasil maksimal. Tentunya, disertai pula dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan protein.
Menambah kebahagiaan
Menjalani olahraga dayung secara rutin akan memperbanyak hormon-hormon bahagia seperti endorfin, dopamin, dan serotonin sebagaimana penelitian sejumlah profesional dari University of Antioquia, Colombia.
Potensi menyehatkan jantung
Menurut penelitian, olahraga kardio seperti rowing bisa menyehatkan jantung. Orang yang secara teratur berolahraga dayung akan memiliki tekanan darah rendah, kolesterol terjaga, hingga berat badan yang sehat. Tentunya, kondisi ini akan menjaga seseorang dari risiko menderita stroke, serangan jantung, diabetes, dan obesitas.
Itu dia manfaat dari olahraga mendayung. Semoga bermanfaat!