Hidangan Labu
Labu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak, karena kandungan sengnya yang tinggi. Seng dapat berpartisipasi dalam sintesis asam nukleat dan protein dalam tubuh manusia dan merupakan komponen intrinsik dari hormon korteks adrenal. Labu tinggi kalsium, kalium, dan rendah natrium, yang merupakan zat penting untuk tubuh manusia.
Mannitol dalam labu juga memiliki efek diuretik dan pencahar, yang dapat membantu meningkatkan ekskresi racun dalam tubuh bersama dengan urin dan tinja. Labu juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena labu tidak terlalu tinggi kalori dan kaya akan serat pangan. Pektin yang terkandung dalam labu dapat melindungi mukosa lambung dari iritasi, meningkatkan sekresi empedu, kapasitas saluran pencernaan, dan membantu dalam proses pencernaan.
Tidak sulit untuk menanam labu. Waktu terbaik untuk menanam labu adalah di musim semi dan musim gugur, dari bulan Januari hingga bulan Maret dan dari bulan Juli hingga bulan Agustus. Labu lebih suka tanah gambut fertilitas, netral atau sedikit asam. Mereka memiliki sistem akar yang berkembang, kapasitas penyerapan air yang kuat, dan ketahanan kekeringan yang kuat, tetapi tidak tahan air, sehingga ini harus segera dibuang pada saat terjadi hujan dan genangan air. Suhu pertumbuhan optimum adalah 25-30 ℃ bagi perkecambahan biji, 18-32 ℃ bagi pertumbuhan dan perkembangan, lebih tinggi dari 15 ℃ bagi pembungaan dan pertumbuhan buah, dan 22-27 ℃ bagi perkembangan buah. Labu adalah tanaman yang suka akan paparan cahaya, dengan cahaya yang cukup, maka pertumbuhannya tentu akan baik, dimana pertumbuhan buahnya yang cepat dengan kualitas yang baik; pada hari hujan, kekurangan cahaya membuat pertumbuhannya akan rentan terhadap penyakit.
Cara terbaik bagi anak-anak untuk memakan labu adalah dalam bentuk labu halus, dengan rasanya yang enak dan mudah dicerna. Berikut caranya.
1. Kupas dan keluarkan isi labu, cuci, potong menjadi irisan tipis, dan tempatkan di piring.
2. Rebus air dalam panci, masukkan irisan labu, taburi sedikit gula, tutup panas dan kukus selama 10 menit.
3. Angkat labu yang dikukus, tuangkan ke dalam mangkuk besar dan tuangkan 3 sendok makan susu kental manis.
4. Gunakan sendok untuk mengaduk labu dengan susu kental manis dan tekan menjadi bubur.
5. Masukkan labu halus ke dalam mangkuk dan taburi 2 sendok makan susu kental manis.
Selain itu, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, sebagai berikut:
1. Potong labu menjadi irisan tipis sebisa mungkin. setelah dikukus, maka labu akan mudah dihaluskan menjadi bubur. Balikkan labu di atas piring untuk memudahkan proses pengukusan.
2. Sebelum mengukus, tutup labu dengan selembar plastik wrap untuk mencegah terlalu banyak air dalam hidangan, sehingga mengakibatkan diluensi bubur labu. Anda juga dapat mengeluarkan labu yang dikukus dan membuang air berlebih dari piring secara langsung.
3. Susu kental manis adalah konsentrat susu dengan gula, yang jauh lebih manis daripada susu segar, ditambah dengan rasa manis labu sendiri, sehingga tidak perlu menambahkan susu kental manis, jika tidak akan terlalu manis dan berlemak.