Manfaat Kue Cokelat
Kue cokelat merupakan jenis kue yang terbuat terutama dari bahan cokelat, telur, dan tepung.
Biasanya dihidangkan dalam pesta ulang tahun dan pernikahan. Ini merupakan salah satu jenis makanan penutup yang umum.
Kue cokelat berasal dari Meksiko. Populer di negara-negara Barat, cokelat telah lama dianggap sebagai "makanan yang membuat bahagia". Menurut Asosiasi Dietetic Amerika, cokelat mengandung polifenol, yang juga ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, dan teh, dimana juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Konsumsi harian rata-rata 200 gram cokelat dapat meningkatkan kapasitas antioksidan pada tubuh, dapat secara efektif mengurangi kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.
Seseorang harus memastikan pola makan mereka mengandung cukup karbohidrat saat sedang berolahraga dan bepergian. Karbohidrat dapat mengurangi kelelahan dan membantu Anda tetap aktif. Penelitian tentang nutrisi olahraga menunjukkan bahwa sebelum berolahraga, cokelat dapat membantu dalam memberikan energi tubuh dan dapat membuat glikogen di otot dan hati dalam keadaan yang paling penuh, dimana ini akan bermanfaat untuk meningkatkan performa olahraga. Setelah berolahraga, cokelat dapat dengan cepat mengisi energi yang habis selama olahraga, menunda kelelahan, dan membantu tubuh pulih dengan cepat setelah berolahraga.
Cokelat adalah pembawa kebahagiaan. Banyak penelitian ilmiah telah menunjukkan bahwa cokelat dapat meningkatkan mood, ini karena senyawa phenylethylamine dalam cokelat yang membantu mengatur mood Anda.
Cokelat melepaskan serotonin di otak. Serotonin terbentuk dari triptofan, yang tubuh tidak dapat membuatnya sendiri. Ia harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi. Cokelat itu sendiri tidak mengandung triptofan secara tinggi, tetapi mengandung banyak gula, yang memicu produksi insulin dalam tubuh. Insulin memastikan bahwa gula masuk ke dalam sel-sel, meninggalkan triptofan untuk otak, di mana ia disintesis menjadi serotonin. Ketika serotonin tetap berada di sinapsis otak, ia memiliki efek positif pada mood, membantu mengusir depresi.
Cokelat dapat meningkatkan mood, memperbaiki kondisi mental, dan mengatur mood hingga tingkat tertentu. Ini karena cokelat juga kaya akan magnesium, yang memiliki sifat menenangkan dan anti-depresi. Cokelat juga dapat memberikan kenikmatan, terutama cokelat hitam yang tinggi kandungan kakao-nya. Banyak dokter di luar negeri menggunakan cokelat sebagai obat alami untuk depresi ringan.
Karena konsentrasinya yang kaya akan energi, ukurannya yang kecil, dan rasa yang unik, cokelat merupakan suplemen energi yang ideal bagi mereka yang sering pergi berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, berpergian, anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, orang yang lemah atau sakit, dan pekerja kantoran yang membutuhkan tambahan energi.
Cokelat juga mengandung berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, seng, dan tembaga. Mineral-mineral ini akan meningkatkan sirkulasi oksigen dan metabolisme dalam tubuh, serta dengan cepat mengisi nutrisi yang terbakar selama olahraga. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan intoleransi laktosa yang minum susu cokelat mengalami bantuan signifikan dari gejala yang mereka rasakan.
Kue cokelat tentunya dapat dibuat sendiri dirumah. Berikut adalah resep kue cokelat lezat dan nikmat:
Bahan Utama:
- Telur 6 butir
- Gula pasir 150g
- Tepung terigu rendah gluten (cake flour) 170g
- Minyak sayur 60g
- Susu cair 60g
- Bubuk kakao 10g
Cara Membuat:
1. Masukkan telur ke dalam wadah dan tuangkan gula pasir.
2. Kocok menggunakan whisk.
3. Tuangkan tepung terigu rendah gluten dan bubuk kakao, aduk rata.
4. Campurkan susu cair dan minyak sayur dalam satu wadah.
5. Tuangkan campuran susu dan minyak ke dalam adonan kue cokelat dan aduk rata.
6. Tuang adonan kue cokelat ke dalam loyang dan rapatkan permukaannya.
7. Berikan beberapa kali goyangan ringan untuk mengeluarkan gelembung dan letakkan loyang di dalam oven.
8. Pilih fungsi pemanggangan dan atur waktu selama 1 jam.
9. Kue cokelat yang matang dapat disiram dengan saus cokelat dan disajikan dengan buah segar.
10. Kue cokelat lezat dan nikmat siap untuk dihidangkan.
Selamat mencoba!