Aloe Vera untuk Kesehatan
Aloe vera adalah tumbuhan herbal yang umum digunakan bukan hanya sebagai tanaman hias dalam pot, tetapi juga sebagai makanan kesehatan yang sangat berharga.
Aloe vera dapat digunakan untuk perawatan kecantikan dan kulit, mempercepat penyembuhan luka, melindungi saluran pencernaan, dan membersihkan kuman.
Lalu, apa saja manfaat aloe vera?
1. Perawatan Kecantikan dan Kulit
Aloe vera mengandung berbagai gula, enzim aktif, asam amino, dan zat lainnya. Zat-zat ini memiliki efek pelembab yang sangat baik pada kulit dan dapat mempercepat metabolisme kulit. Selain itu, aloe vera juga mengandung air fisiologis alami, lignin, dan bahan pelembab lainnya yang memiliki daya tembus yang sangat kuat dan dapat memberikan efek hidrasi dan pelembab.
2. Mempercepat Penyembuhan Luka
Aloe vera mengandung komponen lendir yang dapat mempercepat penyembuhan luka, dan juga mengandung zat enzimatis yang dapat mencegah peradangan kulit.
3. Melindungi Saluran Pencernaan
Aloe vera mengandung prebiotik, yang masuk ke dalam saluran pencernaan untuk mengaktivasi probiotik di dalamnya dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.
4. Membersihkan dan Membunuh Racun
Aloe vera mengandung komponen yang disebut alkohol aloe vera, zat ini diabsorpsi oleh tubuh dan dapat memberikan efek sterilisasi dan anti-racun.
5. Perawatan dan Pemeliharaan Rambut
Jus aloe vera mengandung glikosida dan mineral, yang dapat menghilangkan gatal pada kulit kepala dan menjaga kulit kepala yang sehat, serta memiliki efek untuk menghilangkan ketombe.
6. Membantu Mengatasi Sembelit
Usus harus selalu bersih agar tidak menimbulkan berbagai penyakit. Bagi beberapa orang yang menderita sembelit, mengonsumsi aloe vera secara teratur dapat membantu buang air besar dengan mudah.
7. Untuk Melembapkan Kulit:
Sebagai salah satu produk aloe vera paling umum, gel aloe vera memiliki banyak manfaat untuk kulit, terutama kulit wajah dan leher yang halus. Banyak produk kecantikan mengandung aloe vera dapat juga Anda gunakan gel aloe vera murni secara langsung. Dalam penggunaannya, gel aloe vera tidak hanya membantu melembapkan kulit dan menghilangkan garis-garis halus dan kerutan, tetapi juga mengurangi munculnya jerawat.
(1) Oleskan gel aloe vera dengan lembut menggunakan ujung jari Anda.Tepuk-tepuk gel aloe vera pada wajah dan nikmati manfaatnya. Tidak perlu membuat pijatan dalam-dalam, karena gel aloe vera yang menyerap ke dalam kulit dapat menyebabkan efek yang berkebalikan dan membuat kulit menjadi kering. Gunakan hanya lapisan tipis gel aloe vera. Tidak perlu mengaplikasikannya dengan tebal, dan aplikasi lebih tidak akan memberikan manfaat tambahan. Untuk hasil terbaik, biarkan gel aloe vera tetap di wajah selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk kulit Anda kering. Membiarkan gel aloe vera terlalu lama di wajah mungkin akan membuat kulit Anda menjadi kering.
(2) Cuci wajah Anda dengan gel aloe vera 2 kali sehari.Dengan penggunaan yang tepat, gel aloe vera dapat menggantikan pembersih dan pelembap wajah. Oleskan lapisan tipis gel aloe vera pada wajah setiap pagi dan malam hari, bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk kulit Anda kering. Jangan menggosok kulit wajah terlalu keras, terutama kulit halus di sekitar mata. Menggosok terlalu keras dapat merusak kulit dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.
(3) Buat scrub pelembap untuk mencerahkan kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dan rentan terhadap jerawat, maka pelembap tradisional mungkin memperburuk kondisi kulit Anda dan membuatnya lebih rentan terhadap jerawat. Jangan khawatir, campurkan gula merah dengan gel aloe vera untuk membuat scrub yang kuat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan melembapkan kulit Anda pada saat bersamaan.
Tips: Untuk meninggalkan gel aloe vera lebih lama di kulit atau semalaman, Anda harus melarutkannya terlebih dahulu dengan cairan pelembap lainnya, seperti minyak zaitun.