Es Kopi
Jika ada kopi yang bisa memberikan sentuhan kesejukan di hari musim panas, itu adalah es kopi. Es kopi adalah sejenis minuman yang terdapat kandungan kafein, jadi es kopi memiliki efek tertentu.
Setelah meminum es kopi selama 30 hingga 40 menit, konsentrasi asam lemak dalam darah akan meningkat.
Efek dari kandungan kafein, ialah bisa menekan nafsu makan, sehingga dapat membantu mengontrol berat badan. Selain itu, kandungan kafein juga biasanya akan membantu dalam meningkatkan performa saat sedang berolahraga. Tetapi, kopi panas juga dapat mencegah lemak menumpuk di tubuh dan membantu membakar panas tubuh, oleh karena itu lebih baik minum kopi panas.
Menurut penelitian ilmiah, satu jam sebelum olahraga berat, asupan kafein setara dengan dua atau tiga cangkir kopi yang dapat meredakan nyeri otot akibat olahraga yang terlalu berat.
Setelah minum kopi, sirkulasi darah dapat ditingkatkan untuk mengantarkan oksigen lebih baik ke seluruh bagian tubuh, sehingga fungsi otot dapat ditingkatkan.
Kopi terkenal akan khasiatnya dalam melawan rasa ngantuk sekaligus penambah energi. Namun, apakah manfaat kopi terbatas pada hal- hal tersebut?. Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh sebenarnya bisa diperoleh secara optimal apabila Anda mengonsumsinya sesuai takaran. Langsung saja simak pembahasan mengenai beberapa manfaat kopi bagi tubuh pada ulasan di bawah ini:
1. Antioksidan
Secangkir kopi juga memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi, sehingga membantu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.
Antioksidan dapat menunda penuaan dini pada kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi, serta dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kulit.
Komponen antioksidan utama dalam kopi adalah flavonoid. Jadi jika kulit Anda membutuhkan antioksidan, minumlah secangkir kopi setiap hari.
2. Menenangkan kulit
Mungkin kebanyakan orang mengira bahwa kopi mengiritasi kulit. Namun nyatanya, berkat kandungan antioksidannya yang terdapat dalam kopi bisa menenangkan kulit yang meradang dan merah.
3. Perawatan rambut
Antioksidan dalam kopi tidak hanya melindungi kesehatan kulit tetapi juga efektivitas perawatan rambut.
Masker rambut yang terbuat dari kopi tidak hanya dapat mencegah kerusakan rambut, tetapi juga meningkatkan kilau rambut, dan tentunya meninggalkan aroma yang tak terlupakan dan unik.