Mawar Merah Muda
Mawar merah muda adalah jenis mawar yang berasal dari daerah tropis sedang dan ditemukan di China utara serta Jepang dan Korea, di mana ia telah dibudidayakan sejak lama.
Mawar merah muda melambangkan karakter yang manis, penghargaan, apresiasi, kebahagiaan, kefemininan, kekaguman, kelembutan dan rasa terima kasih.
Mawar merah muda akan berbunga sekitar bulan Mei hingga Juni. Mawar merah muda membutuhkan perawatan khusus yang harus dilakukan selama penanaman. Waktu terbaik untuk menanam mawar merah muda adalah pada musim semi atau musim gugur setelah daun-daun berguguran saat suhu relatif stabil.
Tempat yang terbaik untuk menanam mawar merah muda adalah ditempat yang relatif tinggi. Dengan menanam mawar merah mudah di tempat yang relatif tinggi, hal tersebut dapat mencegah air menumpuk dan memastikan mawar merah muda menerima kelembapan yang diperlukan untuk pertumbuhan, dan juga memungkinkan mawar merah muda menerima cukup cahaya.
Saat menanam mawar merah muda, penting untuk menjaga akar sekitar 15 cm di atas tanah untuk meningkatkan tingkat kelangsungan hidup mawar dan memudahkan akar berakar ditempat baru.
Mawar merah muda membutuhkan sinar matahari penuh dan lingkungan yang hangat untuk tumbuh. Setelah tanaman mawar merah muda ditanam, penting untuk memastikan bahwa tanaman tersebut menerima sinar matahari yang cukup setiap harinya. Mawar merah muda membutuhkan setidaknya empat jam cahaya per hari, dan di area dengan jam cahaya yang panjang, naungan diperlukan untuk memastikan pertumbuhan yang tepat.
Sebelum menanam mawar merah muda, pastikan tanahnya banyak mengandung bahan organik. Mawar tidak membutuhkan banyak air atau pupuk sepanjang siklus penanaman mawar. Saat menanam mawar merah muda di musim gugur setelah daun rontok, diperlukan beberapa pemupukan, karena permintaan nutrisi di tanah secara bertahap meningkat .
Jangan menyirami mawar merah muda terlalu sering, karena mereka memiliki permintaan air yang relatif rendah pada musim ini, bahkan di musim panas saat yang terbaik adalah menyiraminya setiap 20 hari sekali untuk menghindari pembusukan akar. Perlu diperhatikan bahwa kebutuhan pupuk dan air berbeda-beda tergantung musim tanam, sehingga penting untuk menyesuaikan jumlah air dan pupuk sesuai dengan ukuran bunga mawar.
Ada banyak cara membiakkan mawar merah muda, antara lain stek, penyemaian, dan okulasi.
1. Stek adalah metode terpenting untuk membiakkan mawar merah muda. Metodenya sederhana dan memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Cabang mawar merah muda dimasukkan ke dalam tanah berpasir, dan lingkungan dikontrol secara ketat dan distimulasi dengan hormon pertumbuhan untuk memastikan cabang tumbuh secara efektif.
2. Metode penaburan melibatkan menempatkan benih mawar di dalam kantong plastik dan memasukkan pasir lembab ke dalam kantong. Suhu di dalam kantong harus sekitar 20 derajat selama satu bulan untuk memastikan perkecambahan dan penanaman benih yang efektif.
3. Metode penyambungan dapat dilakukan dengan cara okulasi “ okulasi akar atau okulasi cabang “ tergantung dengan keadaan.