Energi Angin Menjadi Listrik
Taman angin, memberikan sumber listrik hijau yang konstan untuk perkembangan ekonomi setempat.
Mungkin banyak orang yang ingin bertanya, mengapa kincir angin ini berputar begitu lambat? Berapa derajat listrik yang bisa dihasilkan dalam satu putaran?
Mari pelajari hal-hal menarik tentang turbin angin, sebagai berikut.
1. Prinsip Pembangkitan Listrik Turbin Angin
Sebuah turbin angin terdiri dari baling-baling, gondola, menara, dan komponen dasar lainnya.
Prinsip pembangkitan listriknya sangat sederhana, dimana unit ini menggunakan angin untuk menggerakkan baling-baling kincir angin dan mengubah energi angin menjadi energi mekanik. Generator kemudian akan mengonversi energi mekanik menjadi energi listrik, kemudian energi listrik melalui jalur pengumpulan ke stasiun penguat taman angin. Setelah proses ini ditingkatkan, kemudian dikirimkan ke jaringan, dan itu bisa menjadi energi angin yang hasil listriknya dapat digunakan oleh para penduduk.
2. Bagaimana Turbin Angin Bekerja
Sebuah taman angin terdiri dari puluhan atau bahkan ratusan kelompok kincir angin, setiap kincir angin dikendalikan oleh ruang kontrol utama taman angin. Dan staf bertanggung jawab untuk operasi turbin angin dalam waktu 24 jam sehari guna untuk memantau serta memastikan keamanan turbin angin.
3. Berapa Kilowatt Listrik yang Dapat Dihasilkan Oleh Satu Putaran Turbin Angin?
Secara umum, asalkan kecepatan angin mencapai 3 m/s, maka turbin angin akan dapat berputar untuk menghasilkan listrik. Contohnya, unit turbin angin 1500 kW, dimana baling-baling unit tersebut sekitar 35 meter (setinggi sekitar 12 lantai). Dan ini dibutuhkan sekitar 4-5 detik bagi setiap putaran turbin angin untuk menghasilkan sekitar 1,4 kWh listrik.
Pada kekuatan penuh normal, listrik yang dihasilkan dalam sehari akan cukup bagi 15 keluarga selama 1 tahun. Turbin angin seperti itu dapat mengurangi 3000 ton karbon dioksida, 15 ton sulfur dioksida, dan 9 ton nitrogen dioksida setiap tahunnya.
4. Apakah Semakin Kencang Angin Semakin Baik?
Menurut hukum kekekalan energi, memang benar bahwa kecepatan angin yang lebih tinggi menyediakan lebih banyak listrik, tetapi konverter energi angin akan rusak oleh kekuatan yang berlebihan ketika kecepatan angin mencapai nilai tertentu. Dan pada kenyataannya, jumlah listrik yang dihasilkan tidak tergantung pada kecepatan baling-baling.
5. Bagaimana Jika Angin Tidak Bertiup Dalam Satu Arah?
Ada sensor dan sistem yaw terintegrasi ke kepala turbin angin, begitu arah angin van dan anemometer mengumpulkan perubahan arah angin dan kecepatan angin. Sistem yaw akan mendorong motor yaw untuk menyesuaikan posisi gondola sehingga akan kembali halus sejajar dengan arah angin dan efisiensi maksimum energi angin.
Energi angin adalah sumber energi terbarukan dan sangat ramah lingkungan. Dan fasilitas energi angin ini memiliki dampak yang lebih sedikit pada lingkungan ekologis.
Meskipun memerlukan investasi awal yang besar, jika dibandingkan dengan energi hidro dan energi panas. Akan tetapi, biaya perawatan dan manajemen selanjutnya sangat rendah, dan turbin angin saat ini merupakan teknologi paling sempurna di bidang energi baru. Perkembangan teknologi paling besar dalam metode pembangkitan listrik komersial.