Galaksi yang Mengagumkan
Di ruang angkasa yang luas, terdapat ribuan galaksi dengan berbagai ukuran. Ketika kita melihat ke malam, maka kita akan melihat bintang-bintang yang cantik yang bersinar, misterius dan menakjubkan. Ketika datang ke galaksi yang paling menakjubkan, manakah yang akan terlintas di pikiran Anda?
1. Supernova
Supernova adalah ledakan yang dialami oleh beberapa bintang menjelang akhir hidupnya. Ledakan ini sangat terang, dan ledakan mendadak radiasi elektromagnetik dapat menerangi seluruh galaksi di mana mereka terjadi, bertahan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun sebelum pudar. Selama waktu ini, supernova dapat mengeluarkan energi radiasi sebanyak matahari selama masa hidupnya.
Ketika bintang meledak, sebagian besar akan dapat menyebar, jika tidak hampir semua, materi yang ada ke luar dengan kecepatan setinggi sepuluh persen kecepatan cahaya, memancarkan kejutan bahan antarbintang ke area sekitarnya. Kejutan ini menyebabkan struktur berbentuk kerang dari gas dan debu yang berkembang, fenomena ini disebut sisa supernova. Supernova adalah sumber gelombang gravitasi galaksi yang berpotensi kuat, dan sebagian besar sinar kosmik primer berasal dari supernova.
2. Nebula Mata Kucing
Nebula Mata Kucing adalah nebula planet yang terletak di rasi bintang Cepheus. Ini adalah salah satu nebula paling kompleks yang dikenal, dan gambar resolusi tinggi dari Teleskop Luar Angkasa Hubble mengungkapkan lengkungan yang unik, kolom, gelembung, dan busur serat. Di pusatnya adalah bintang terang dan berapi yang kehilangan struktur luar sekitar 1000 tahun yang lalu, yang menyebabkan Nebula Mata Kucing terbentuk.
3. Galaksi Spiral Besar NGC 123
Galaksi Helix Besar (NGC123) adalah galaksi yang menarik. Selama pembentukan bintang-bintang terang dan debu hitam yang tak terhitung jumlahnya, banyak gas antarbintang membentuk lengan spiral di sekitar pusat. Lengan-lengan ini dipenuhi dengan banyak bintang biru dan dihiasi dengan pita-pita gelap debu antarbintang. Meskipun sulit terlihat, miliaran bintang samar dan banyak gas antarbintang yang luas bisa terlihat melalui peralatan khusus. Mereka berukuran besar dan ini telah menjadi kekuatan penggerak di dalam galaksi.
4. Vortex of Houndstooth Galaxy
Sejauh 22 juta tahun cahaya dari Bumi, Galaksi Vortex di Canis Major (NGC 5194) menarik perhatian karena juga memiliki galaksi kuning pendamping (NGC 5195) di luar lengannya yang spiral. Terlihat seolah-olah yang pertama menarik yang kedua, tetapi sebenarnya gelombang gravitasi dari galaksi pendamping sedang memampatkan awan gas ke dalam tepi dalam lengan spiral galaksi spiral ini, dan nebula ini bertindak sebagai awan gelap. Nebula yang padat memungkinkan gerakan pembuatan bintang terjadi, menciptakan daerah pembentukan bintang berwarna merah muda.
5. Nebula Eskimo
Nebula Eskimo ditemukan oleh ahli astronomi William Herschel pada tahun 1787, sekitar 2870 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang Gemini, dan dinamakan demikian karena saat dilihat dari tanah, terlihat seperti kepala manusia yang membawa topi bulu Eskimo. Pada tahun 2000, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA mengambil gambar dari nebula ini dan menemukan bahwa nebula ini memiliki struktur awan yang sangat kompleks, penyebabnya masih belum sepenuhnya dipahami.
Meskipun demikian, Nebula Eskimo adalah nebula planet sejati, dan awan dalam gambar adalah selubung gas luar yang dikeluarkan 10.000 tahun yang lalu oleh sebuah bintang yang menyerupai Matahari. Struktur dalam filament nebula, jelas terlihat dalam gambar, adalah bahan pusat bintang yang dikeluarkan oleh angin bintang yang kuat, sementara daerah berbentuk cakram luar memiliki banyak objek jari oranye aneh yang panjangnya mencapai satu tahun cahaya.